Pilkada

Dua Hal Ini Disinyalir Jadi Dasar Partai Demokrat Dukung Eramas

SBY Sampaikan Dukungan Demokrat Untuk Eramas/Istimewa

PUBLIKA- Keputusan Partai Demokrat mendukung pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) mengejutkan banyak pihak.

Loading...

Pasalnya, keputusan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara mendadak, Jumat (11/5/2018), atau tanpa ada sinyal-sinyal sebelumnya.
Oleh karena itu, banyak pihak yang mempertanyakan dasar Partai Demokrat mendukung Eramas.

Menurut pengamat politik, Faisal Riza, terdapat dua hal yang menjadi dasarnya. Pertama, hubungan elit antar partai di tingkat nasional yang memburuk. Elit yang dimaksud adalah SBY dan Megawati (Ketua Umum PDI-P).

Baca juga:  Punya Bukti Pertemuan, Warga Asahan Laporkan Djarot dan Kades Ke Panwas

“Demokrat tidak mungkin berkoalisi dengan poros kekuatan yang dianggap merugikan mereka, Parpol pasti mendukung yang punya kecenderungan besar menang. Kalkulasi politik SBY itu sangat teruji,” katanya saat diwawancarai oleh Publika.co.id, Jumat (11/5/2018).

Kedua, lanjut Faisal Riza, hubungan emosional antara SBY dan Edy Rahmayadi.

“Pilihan Demokrat ini lebih dimaknai sebagai emosional. Artinya lebih mudah bagi SBY memilih Edi karena sesama militer dari pada memilih Djarot,” ujar pria yang juga merupakan akademisi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) itu.

Baca juga:  Kawal Pilgub Sumut, KNPI Segera Bentuk Satgas Anti Politik Uang

Selain itu, Faisal Riza juga melihat, dukungan resmi dari DPP Partai Demokrat itu tidak serta-merta langsung membuat seluruh kader dan pengurus di Sumut bersatu memenangkan Eramas.

“Saya melihat ada fragmentasi dukungan ini antara di elit nasional dengan lokal. Meskipun secara official Demokrat mendukung eramas. Namun, JR Saragih sudah mengajak dan memastikan sebagian pendukung partai ini untuk mendukung Djoss,” demikian Faisal Riza.

Baca juga:  Independensi Diragukan, Aulia Andri Didesak Mundur Dari Bawaslu Sumut

Penulis: Asmojoyo
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook

To Top