Serbaneka

Jadi Komoditi Andalan Di Bulan Ramadhan, Kurma Penuhi Pasar Ikan Lama

Kurma Penuhi Pasar Ikan Lama/Publika (Kartik Byma)

PUBLIKA- Kurma telah menjadi buah favorit bagi masyarakat saat Ramadhan. Buah asal Timur Tengah itu biasa digunakan sebagai takjil untuk berbuka puasa dan sangat dianjurkan untuk mengembalikan energi yang hampir habis setelah seharian puasa.

Di Kota Medan sendiri, Pasar Ikan Lama telah dikenal sebagai pusat jajanan kurma, terletak di Jalan Stasiun Kereta Api, Medan, Sumatra Utara. Aneka jenis kurma dapat dijumpai di sini, mulai yang berasal dari Arab Saudi, Mesir, Tunisia, hingga Pakistan.

Menurut para pedagang kurma saat diwawancarai Publika, kurma menjadi salah satu komoditi andalan para pedagang saat memasuki bulan suci umat Islam tersebut.

Sulastri, salah satu pedagang kurma mengatakan, banyak jenis kurma yang dijual olehnya mulai dari kurma madina, kurma madu dan kurma ajwa.

Namun dari beberapa jenis kurma ini, yang paling banyak peminatnya adalah kurma madu karena isinya lembut dan manis. Harga kurma sendiri juga sangat bervariasi mulai dari Rp. 50 ribu per kilogram hingga Rp. 200 ribu rupiah.

Menurut pengakuan Sulastri, permintaan kurma Ramdhan tahun ini sedikit meningkat dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulilah dalam tahun ini dibanding tahun lalu hasil penjualan semangkin meningkat, bahkan sehari bisa terjual hingga 50 kg, pastinya setiap bulan Ramadhan kurma yang dijual ini dapat menghasilkan banyak keuntungan karena bulan Ramadhan identik dengan buah kurma,” ungkapnya.

Penulis: Kartik Byma
Editor: Asmojoyo

Komentar Facebook



Loading...
To Top