Nusantara

Perayaan Waisak Di Medan, Masyarakat Tamil Padati Vihara Bodhi

perayaan waisak di vihara bodhi medan/publika (kartik byma)

PUBLIKA- Umat Buddha dari etnis Tamil merayakan hari raya Waisak 2562 BE, di Vihara Bodhi Gaya Medan, Jalan Karya sejati, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (29/5/2018).

Pantauan Publika, umat hadir sejak pukul 06:30 WIB hingga menjelang pukul 13:00 WIB.

Sekertaris Vihara Bodhi Gaya R.Narendranath, SE mengatakan, umat yang hadir sejak pagi rata-rata mayoritas umat beragama buddha etnis Tamil baik yang berasal dari Medan maupun dari luar kota Medan, seperti Jakarta.

Baca juga:  Terindikasi Korupsi, Warga Laporkan Oknum Kepala Desa Ke Kejati Sumut

“Pemujaan kidung-kidung suci dilakukan mulai pukul 06:30 pagi hingga sampai pukul 21:30 WIB,” ujarnya.

Foto: Kartik Byma

Naren mengatakan perayaan Waisak tahun ini mengangkat tema ‘Harmoni Dalam Kebhinekaan Untuk Bangsa’ dengan harapan melalui kebhinekaan semua etnis dapat bersatu untuk membangun bangsa lebih baik lagi.

Selain itu Naren juga menjelaskan, Waisak merupakan hari yang memperingati tiga peristiwa penting, pertama hari lahirnya pangeran Sidartha, kedua hari pangeran Sidartha mencapai penerangan sempurna, sedangkan ketiga merupakan maha parinibana sang Buddha dimana hari atau hari meninggalnya sang buddha

Baca juga:  Berdamai, Kemitraan Sabar Sitorus-H Arbie Barlanjut

“Jadi ketiga peristiwa ini jatuh di bulan Waisaka di detik-detik yang sama maka itu seluruh umat Buddha di seluruh dunia merayakan dan memperingati hari Waisak ini, ini merupakan wujud sebagai intropeksi diri dalam membina mental dan fisik keseharian,” jelas Naren.

Penulis: Kartik Byma
Editor: Asmojoyo

Komentar Facebook



Loading...
To Top