Opinia

Ring Masdi: Pembuktian Diri Jeff “The Hornet” Horn VS Terence “Bud” Crawford

Power-punchers VS Skillful Boxers
Crawfordhorn (foto: Pencarian google)

PUBLIKA.CO.ID – Juara dunia WBO kelas welter yang berasal dari Australia, Jeff Horn ( 18-0-1, 12 KOs ) dan mantan juara dunia tak terbantahkan (undisputed) kelas welter junior, Terence Crawford ( 32-0-0, 23 KOs ) akan saling berhadapan diatas ring pada hari sabtu ini, 9 juni 2018, di MGM Grand Arena di Las Vegas. Horn akan mencoba mempertahankan gelarnya untuk yang kedua kali  menghadapi petinju penantang wajib WBO yang merupakan petinju yang memiliki pergerakan dan pukulan counter terbaik saat ini.

Ini adalah salah satu pertarungan yang dijamin keras dan sangat menarik untuk disaksikan, Siapa yang akan unggul Australian style dengan pukulan kerasnya atau American style dengan gaya bunglonnya yang akan mengelabuhi Jeff Horn..??

Sekilas tentang Jeff Horn

Horn adalah petinju yang membuat kejutan besar saat mengalahkan Manny Pacquiao dengan keputusan angka mutlak dalam pertarungan 12 ronde pada bulan Juli 2017 di Suncorp Stadium Brisbane, Australia. Dia Selanjutnya mempertahankan gelarnya dengan kemenangan TKO atas Gary Corcoran pada bulan Desember lalu.

Horn  juga seorang petinju yang memiliki spirit dan disiplin yang tinggi, pukulannya keras dan selalu bergerak maju kedepan. Dia puncher yang bagus namun terkadang tampak bermain kotor dengan rangkulan dan kepalanya yang terkadang ditempelkan kearah lawannya.

Horn dengan strategi bertarungnya tersebut sedikit berhasil meredamkan seorang singa tua seperti Manny Pacquiao, walaupun banyak yang menilai jika telah terjadi perampokan nilai dalam pertarungan tersebut. Horn tampil dengan agresif dan tak memberikan ruang sedikit pun kepada Pacquiao untuk mengembangkan permaianannya. Dengan keunggulan fisiknya, dia kerap melakukan rangkulan setelah melepaskan pukulannya. Namun dia berhasil bertahan setelah mendapatkan hantaman keras dari many Pacquiao, yang akhirnya memaksakan hasil pertarungan dengan keputusan yang kontroversial. Hasil pertarungan ini banyak dikritik dan tak sedikit yang menganggapnya tidak profesional.

Pertarungan menghadapi Crawford ini sangat berarti bagi Horn untuk menunjukkan jati dirinya sebagai seorang juara dunia yang patut di hormati. Horn akan datang dengan tangguh dan pertarungan dengan Crawford ini sangat menambah motivasinya. Horn juga petinju muda yang sedang  lapar dan penuh dengan determinasi ketika berada diatas ring. Tapi mampukah dia menghadang pergerakan dan serangan cepat dari sang petinju yang selalu cerdas dalam menyesuaikan diri diatas ring ini?

Sekilas Tentang Crawford

Crawford ( 32-0-0, 23 KOs ) akan melakukan debut pertama dikelas welter melawan Horn. Sebelumnya dia adalah juara di kelas ringan dan welter junior. Dalam pertarungan kali ini, Crawford harus menambahkan bobot beratnya untuk bisa bertarung di kelas 147.

Crawford merupakan petinju yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengenali permainan lawannya di atas ring. Crawford memiliki IQ ring yang sangat baik, jarang mendapatkan masalalah, memiliki kesabaran yang besar dan juga memiliki power pukulan untuk mengakhiri permainan lawannya. Dalam pertarungannya Crawford telah memukul KO enam dari tujuh pertarungan terakhirnya. Cuma Viktor Postol yang berhasil menyelesaikan ronde terakhir, Crawford hanya mampu menang dengan keputusan angka mutlak.

Crawford juga dikenal sebagai petinju yang memiliki gerakan kaki yang lincah, keseimbangan dan cara dia mengatur jarak terhadap lawan. Pergerakannya di atas ring sering membuat lawan tak mampu menerapkan permainannya dengan baik. Dia bertarung dengan powerfull dan sangat lincah, terkadang dia menjulurkan lidahnya untuk menghancurkan konsentrasi lawannya

Saat bertarung melawan Indongo, Crawford mampu melepaskan pukulan-pukulan cepat yang tidak diduga oleh Indongo. Walaupun Indongo berhasil bertarung dengan menjaga jarak dan mengandalkan keunggulan jangkauannya, namun Crawford mampu menyelesaikannya dengan baik. Crawford berhasil memanfaatkan pukulan counter dan uppercut yang sangat keras tepat mengenai badan sebelah kanan Indongo.

Prediksi Pertarungan

Dalam pertarungan ini, Crawford lebih diunggulkan dari sang juara Jeff Horn. Crawford merupakan petinju yang sangat baik, dia sangat lihai dalam menyerang lawan dan pukulan straight lurusnya selalu tepat sasaran serta memiliki pukulan uppercut yang sangat bagus. Pergerakan kepala dan bahunya menjadikan Crawford sebagai seorang counter puncher yang sangat berbahaya. Footwork dan pergerakan badannya adalah kunci dari kemenangan Crawford, dia mampu mengontrol jarak terhadap lawannya. Bahkan diatas ring dia akan beradaptasi dengan gaya yang diterapkan lawan, bisa saja dia menerapkan gaya ortodok, seorang kidal, bahkan bisa menjadi fighter sejati.

Jeff Horn adalah seorang petinju  yang berbahaya dengan pukulan kerasnya dan juga daya tahannya terhadap pukulan lawan. Pukulan straight tangan kanannya merupakan senjata yang paling berbahaya baginya. Dia sangat sabar dalam memburu lawannya, pukulan kerasnya ke bagian tubuh sangat baik dan sering menjatuhkan lawannya. Horn juga memiliki kelebihan postur tubuhnya dan bertarung dengan agresif diatas ring.

Dalam pertarungan ini, Horn perlu membangun pertahanan yang solid, mengandalkan jab-jabnya untuk mematahkan serangan Crawford dan menjaga jarak terhadap pergerakan kaki Crawford sepanjang ronde agar dia tidak bisa mendaratkan counternya. Horn juga harus mampu mengandalkan kelebihan jangkauannya, dia harus menggunakannya sebagai asset untuk menyergap Crawford sepanjang ronde.  Jika Horn bisa memotong serangan Crawford dengan salah satu jabnya, dia kemudian dapat menyerang dan memaksa untuk menghentikannya. Bahkan jika Horn tidak dapat memukul Jatuh Crawford, darah dan luka dari Crawford dapat menyulitkannya untuk keluar dari serangan pukulan keras Jeff Horn. Maka dengan ini Horn bisa memberikan Terence Crawford kekalahan pertama dalam karirnya.

Sedangkan Terence Crawford akan mengandalkan kecerdasannya diatas ring. Sehingga tempo permainannya adalah bermain ditengah ring dimana Crawford adalah master dalam mengendalikan jangkauan lawan dan teknik hit and run untuk mengacaukan konsentrasi dan sasaran pukulan lawan. Dia mempunyai banyak teknik untuk memenangkan laga ini. Crawford akan melepaskan jabnya saat meringkuk kearah kanan, kemudian dia kembali keposisi semula untuk melepaskan pukulan straight kirinya terhadap Horn. Dan dia akan kembali menjaga jarak dengan menyerang sekali lagi, sebelum Horn  mendapatkan kesempatan untuk melepaskan pukulannya. Crawford akan selalu menjaga jarak dan menggerakan kepalanya agar Horn tidak bisa menyergapnya. Setelah itu Horn akan tampak frustasi dan akan terus mencoba untuk memburu Crawford untuk mengajak in-fight. Jika ini terus dilakukan dengan baik kemungkinan Crawford bisa memenangkan laga ini dengan angka mutlak bahkan dengan kemenangan KO/TKO.

Tapi dalam laga kali ini saya memprediksikan Terence Crawford kemungkinan akan memenangkan laga ini dengan knockout diatas ronde 9. Dan ingat ini hanya prediksi saya pribadi, dan tidak harus benar. Karena seperti kata pepatah “ The beauty of boxing is that anything can happen in the squared circle”.

Salam Olahraga

 

Masdi Bahri Junior

Adalah salah satu penulis media online ringarena.id, admin dari 2 grup tinju facebook yang memiliki anggota yang sangat banyak, yaitu: TVONE-LIVE WORLD BOXING COMMUNITY, TINJU MANIA dan para fans boxing sangat mengenalnya dengan nama Masdi Bahri Junior. Dalam keseharian, Alumni Kimia Analis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara ini adalah seorang karyawan yang bekerja di laboratorium dari sebuah perusahaan Oleokimia di Sumatera Utara. Masdi sangat menggilai tinju, baik internasional maupun tinju nasional. Hampir setiap hari membuat tulisan-tulisan di media online, khususnya dunia Boxing. Dan kali ini, Masdi meramaikan kolom olahraga Publika.co.id.

Sebagai seorang fans boxing, ia sangat menggemari Oscar De La Hoya dan Terence Crawford. Status-status yang di update di facebooknya lebih mendominasi tentang tinju. Masdi sering diminta untuk membuat prediksi-prediksi para petinju terbaik di grup facebook yang ia motori.

Kecintaan dan kegemarannya di dunia boxing akan memberikan sedikit sentuhan baru dalam kolom olah raga Publika.co.id. Untuk menghargai kehadiran dan tulisan-tulisannya, kami mengapresiasi satu catatan bernama Ring Masdi. Untuk berkomunikasi dengan Masdi Bahri Junior dapat bergabung di grup tinju facebook: TVONE-LIVE WORLD BOXING COMMUNITY, TINJU MANIA, dan Media Online Ringarena.co.id.

Editor: Bim Harahap

Komentar Facebook



Loading...
To Top