Nusantara

Rumah Warga dan Mushola di Tanjung Selamat Rusak Parah Diterjang Longsor

Kondisi rumah warga yang tertimpa material longsor di Tanjung Selamat.(Kartik Byma)

PUBLIKA.CO.ID– Hujan deras dan tiupan angin kencang yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Medan, Sabtu (7/7) menyebabkan tanah longsor di Gang Al Amin, Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang. Akibatnya, satu unit rumah dan mushola rusak parah tertimpa material longsor di kawasan yang diketahui berbukit itu.

Loading...

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Publika, peristiwa itu terjadi Sabtu (7/7) sekitar pukul 21:00 WIB. Tanah longsor menyebabkan tembok Mushola Al Amin roboh dan mengenai rumah warga di bawahnya beserta material longsoran lainnya.

Warga terlihat mengamati rumah salah satu warga yang hancur akibat terjangan longsor
(Kartika Byma)

Beruntungnya, pada saat peristiwa longsor terjadi, pemilik rumah tidak berada di rumahnya. Hal itu dibenarkan Hotmelda boru Pasaribu, pemilik rumah. Dia mengatakan, saat kejadian, dia bersama ketiga anaknya sedang berada di gereja. Lalu setelah pulang mereka melihat rumahnya sebagian sudah hancur akibat tertimpa material seperti batu dan tanah longsoran.

Baca juga:  Relawan Muhammadiyah Berharap Anies-Sandi Genjot Pendidikan dan Kesehatan

“Kami baru pulang, jadi saat itu kondisi rumah sebagian sudah rubuh (roboh), bagian kamar yang rubuh akibat tertimpah material tanah dan tembok mushola itu. Jadi kami semalaman tidur di luar lantaran yang rusak bagian kamar dan kunci pun ikut rusak jadi tidak dapat masuk,” ujarnya kepada Publika, Minggu (8/7).

Terlihat rumah warga yang roboh tertimpa longsoran mengalami rusak parah.(Kartika Byma)

Dia menjelaskan, di atas rumahnya dulunya banyak pohon-pohon. Sayangnya, warga setempat kemudian menebang pepohonan tersebut. Hotmelda menyebutkan, pihak aparat kecamatan bersama kelurahan sudah datang melihat kondisi di sekitar rumahnya. Dari kunjungan tersebut, dia berharap adanya bantuan dari pemerintah terkait musibah yang dialaminya.

Puing-puing material bangunan yang roboh akibat longsor berserakan.(istri)

“Kami pun kurang mampu pak. Jadi apabila pemerintah bersedia ikut serta mengulurkan tangan, kami sangat berterima kasih,” pungkasnya.

Baca juga:  Dorong Pemolisian Berbasis HAM, KontraS dan Polres Sibolga Gelar FGD

Penulis: Kartik Byma
Editor: Syukri Amal

Loading...

Komentar Facebook

To Top