OLAHRAGA

Ini Dia Rekam Jejak Peter Butler Sebelum ke PSMS Medan

Peter Butler, Pelatih anyar PSMS Medan.(pencarian google)

PUBLIKA.CO.ID- Nama eks pelatih Persipura Jayapura Pura, Peter Butler langsung mencuat pasca manajemen PSMS Medan memecat Djadjang Nurdjaman dari posisi pelatih kepala PSS Medan.

Pasalnya baru memecat Djanur-sapaan Djadjang-Jumat (13/7), manajemen langsung menunjuk pelatih asal Inggris tersebut sehari sesudahnya, Sabtu (14/7).

Chief Executive Officer (CEO) PSMS Medan, Dody Thahir menyebutkan, pihaknya sudah merekrut Peter Hitler menggantikan Djanur. Dody mengatakan, sebelum merekrut Butler, ada sejumlah nama yang disiapkan menjadi suksesor Djanur, di antaranya Abdul Rahman Gurning.

Baca juga:  Hadapi Kepri Jaya Momentum PSMS Move On

Sontak, mengetahui kabar tersebut, banyak pihak yang mencari tahu siapa sebenarnya Peter Butler? Apa yang menjadi alasan manajemen mempercayakan “kemudi bahtera” PSMS dinakhodai pelatih bule itu.

Berdasarkan penelusuran Publika di situs sepakbola soccerway.com, Peter Butler yang lahir di Halifax, Inggris, 27 Agustus 1966, mengawali karir kepelatihannya di klub bernama Kelantan asal Malaysia. Di klub yang kini berkompetisi di Liga Super Malaysia tersebut, Butler hanya bertahan tiga bulan, yakni masuk pada November 2011 dan berakhir pada Februari 2012.

Baca juga:  Medan dan Sergai Sukses Mendominasi Kejurda R6 Arung Jeram Sumut

Tidak itu saja, saat menangani klub liga 1 Afrika Selatan (Afsel), Platinum Stars FC, pria yang kini berusia 51 tahun itu hanya bertahan dua bulan (Juni 2017-September 2017). Sementara di Persipura, direkrut untuk Liga 1 sejak  Januari 2018, kepercayaan klub Mutiara Hitam kepadanya berakhir lima bulan berselang atau Juni 2018.

Butler pernah menangani satu klub cukup lama yakni di timnas Botswana mulai Februari 2014 hingga Juni 2017. Tidak jelas prestasi apa yang diraihnya saat menjadi arsitek timnas negaradi Afrika tersebut.

Baca juga:  Disanksi Lagi Untuk Penyalaan Suar, Total Denda PSMS Rp1 Miliar Lebih

Selain di Persipura, ternyata Butler pernah dua kali melatih Persiba Balikpapan. Dia kali pertama mengarsiteki Persiba pada 2006-2008. Setelah empat tahun, Butler kembali menangani Persiba meski sebentar sebelum akhirnya menjadi pelatih Terengganu FA.(syukri amal)

Komentar Facebook



Loading...
To Top