Demokratia

Aktivis Pertanian dan Kehutanan Maju Caleg Provinsi Sumut Dari Partai Golkar

Rasyid Assaf Dongoran/Istimewa

PUBLIKA.CO.ID- Setelah 20 tahun menjadi aktivis dalam bidang pertanian dan kehutanan di Indonesia, khususnya Sumatera, putra daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) ini akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai legislatif tingkat Provinsi Sumatera Utara 2019 dari Partai Golkar.

Loading...

Ialah Rasyid Assaf Dongoran. Rasyid Assaf Dongoran melihat bahwa perjuangan di sektor pertanian dan kehutanan melalui jalur luar parlemen selama 20 tahun perlu segera dilanjutkan melalui perjuangan parlemen.

“Partai Golongan Karya (Golkar) saya pilih karena partai ini sangat dinamis dan demokratis, serta termasuk partai besar yang memiliki pengalaman panjang dalam percaturan politik dan kebijakan. Saya memilih Daerah Pemilihan Tapanuli Bagian Selatan,” katanya saat diwawancarai Publika, Sabtu (21/7).

Baca juga:  Dalam 15 Menit, Tweet Rocky Gerung Ini Disukai 1000-an Netizen

“Secara khusus alasan paling nyaman memilih dapil tersebut adalah karena saya memiliki akar keluarga yg berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan dan memiliki kerabat keluarga dan sahabat di Tapsel, Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas,” imbuhnya.

Selama menjadi aktivis, Rasyid bersentuhan langsung kepada masyarakat untuk mempelajari hambatan dan tantangan, serta kebutuhan kabupaten di sekotor pertanian, perkebunan rakyat, UMKM, dan kehutanan.

Interaksi dan advokasi menuju rakyat sejahtera dan berdaulat yang dijalankan oleh Rasyid itu, akhirnya membertebal keyakinan bahwa dirinya harus memberikan pengabdian yang lebih besar melalui parlemen.

Baca juga:  Belum Tentukan Dukungan di Pilgub Sumut, PPP Mengaku Masih Seksi

“Saya didorong oleh tokoh-tokoh masyarakat selama ini. Awalnya saya khawatir akan fenomena dorong perubahan sikap menjadi koruptor, karena banyak sekali oknum anggota DPRD tertangkap KPK dan Polisi. Namun selama renungan dan konsultasi panjang dengan para tokoh masyarakat dan pemuda, serta keluarga saya, maka akhirnya saya berjanji dan bertekad untuk bisa maju dan menang sebagai Kader Partai Golkar yang sudah dicanagkan ke depan bersih, maju, dan menang,” paparnya.

Sebagai aktivis pendampingan masyarakat petani dan pelaku konservasi hutan, Rasyid pernah mendapatkan beberapa Award Dana (Penghargaan Internasional) dari Yayasan Rufford berbasis di Inggris untuk upaya pelestarian hutan di Sumatera
.
Pernah menjadi undangan resmi dan dibiayai Pemerintah Jepang untuk hadir dan bicara pada konferensi internasional kehutanan di Yokohama pada tahun 2007.

Baca juga:  Sebar Isu "Partai Pendukung Teroris" Di Medsos, Ketua PDIP Medan Didemo Mahasiswa

Selain itu, Rasyid juga aktif sebagai Majelis Permuda Indonesia ( MPI) pada DPD KNPI Tapanuli Selatan. Serta dipercaya Pemerintah menggunakan beasiswa untuk meraih gelar sarjana dan pasca sarjana di bidang pengelolaan sumber daya alam.

Penulis: Asmojoyo
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook

To Top