Selain Oman U-16, Ada Dua Tim Lain jadi Lawan Ujicoba Timnas U-16

PUBLIKA.CO.ID– Timnas U-16 akan bertolak dari Medan ke Kuala Lumpur untuk melakoni uji coba kontra sejumlah tim dalam rangka persiapan jelang Piala AFC U-16 21 September mendatang.

Loading...

Pelatih Timnas U-16, Fachri Husaini menyebut, David Maulana dkk akan melakoni sejumlah uji coba. Selain lawan timnas Oman U-16, ada dua laga lainnya yang akan digelar. “Tanggal 31 Agustus kami akan berujicoba dengan tim Selangor U-17. Lalu dengan tim lokal Malaysia lainnya U-17 juga. Baru nanti tanggal 12 September dengan Oman, mereka lolos juga ke Piala Asia,” ujar Fachri usai memimpin latihan di lapangan Stadion Teladan Medan, Minggu (26/8) sore.

Baca juga:  Awal Mulus Rusia, Jalan Terjal Saudi

Ditanya kapan akan bertolak ke Kuala Lumpur, Fachri berharap, timnya sudah akan berangkat Rabu (29/8). “Harus berangkat sebelum tanggal 31 Agustus. Tanggal 29 sudah berangkat saya harap,” katanya lagi.

Dengan begitu, timnas U-16 yang memulai pemusatan latihan atau TC (training camp) di Medan, Jumat (24/8) lalu hanya akan berada di ibu kota Sumatera Utara (Sumut) selama lima hari. “Jadi tanggal 28 (Selasa 28/8) terakhir latihan di Medan,” ungkap Fachri.

Di sisi lain, timnas U-16 kini kedatangan wajah-wajah baru saat menggelar pemusatan latihan di Medan, Minggu (26/8). Pemain yang baru masuk sengaja didatangkan Fachri Husaini untuk menambal sejumlah lini yang dinilai masih kurang.

Baca juga:  Ini Faktor Keberhasilan PSMS Atasi PSM Menurut Butler

Menurut Fachri, lima pemain baru berasal dari tim pelajar Indonesia serta tambahan dari  Festival Sepak Bola Filosofi Indonesia (Filanesia) di National Youth Training Centre (NYTC), Sawangan Juli lalu.

“Butuh tambahan pemain karena memang ada beberapa posisi yang belum puas. Ada 5 pemain dari tim pelajar sesuai rekomendasi coach Firman Utina serta sisanya dari Filanesia. Total ada 9 pemain,” ucap Fachri Husaini sambil menyebut pihaknya menargetkan lolos Piala Dunia U-17 tahun depan.

Kedatangan pemain-pemain tersebut pastinya akan menambah kekuatan tim. Namun Fachri menegaskan hanya akan membawa 24 pemain ke Piala Asia nanti yang berlangsung September mendatang.

Baca juga:  Wow, Tiga Tim Liga 3 Sumut Dikandaskan Solok FC, Teranyar Medan Utama FC

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Edy Rahmayadi berharap, timnas U-16 akan menggelar empat hingga lima ujicoba jelang Piala AFC 2018, 21 September mendatang. “Harapannya ada empat hingga lima kali ujicoba. Tapi itu tergantung pelatih seperti apa,” ucapnya.

Sama dengan Fachri, Edy juga berharap, Garuda Asia-julukan timnas U-16 akan lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 2019 mendatang. “Di Asia Tenggara itu Indonesia , Thailand, Malaysia dan Vietnam. Ada lawan negara-negara Arab. Tapi tentunya kita harapkan U-16 bisa lolos ke Piala Dunia U-17,” pungkasnya.(Syukri Amal)

Loading...

Komentar Facebook