Nusantara

Begini Pesan Komisi Yudisial Kepada Pimpinan PN Medan yang Baru

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Hakim KY, Sukma Violetta.(ist)

PUBLIKA.CO.ID- Posisi Marsuddin Nainggolan dan Wahyu Prasetyo sebagai ketua dan wakil ketua Pengadilan Negeri (Medan) dipastikan akan diganti dengan Djaniko Girsang (ketua) dan Abdul Azis (wakil ketua) PN Medan yang baru.

Loading...

Komisioner Komisi Yudisial (KY), Sukma Violetta berpesan kepada pimpinan baru PN Medan untuk menjadi contoh teladan bagi bawahannya. “Ya, kami berharap, pimpinan pengadilan itu merupakan contoh teladan bagi bawahannya,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Jumat (31/8)

Selain itu kata perempuan yang juga menjabat Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Hakim KY,  pimpinan PN Medan harus menjunjung tinggi kode etik profesi hakim. “Contohnya, menurut ketentuan kode etik, hakim tidak boleh bertemu dengan pihak manapun yang ada kaitannya dengan perkara dan terjadinya pelanggaran, pimpinan dulu yang harus memperlihatkan hal tersebut,” kata dia lagi.

Baca juga:  Cegah Kericuhan Aksi Massa Beda Kubu, Ini yang akan Dilakukan Polrestabes Medan

Ketua PN Medan kata dia harus  memiliki integritas dan juga harus berupaya nyata untuk menjamin bahwa integritas hakim dan aparat pengadilan di bawahnya baik, yakni dengan berpegang teguh dengan nilai yang baik.

Jika mendengar informasi adanya oknum hakim yang tidak baik dalam menangani perkara segera melakukan deteksi. “Pimpinan, jika mendengar info diduga dalam perkara ada hal-hal yang tidak baik, pimpinan langsung terjun untuk mendeteksi benarkah terjadi hal tersebut. Perhatian khusus setidaknya yang bersangkutan mengetahui dirinya sedang dimonitor pimpinan,” pungkasnya.

Baca juga:  Pemuda Perindo Dukung Langkah Pemrov DKI Jual Saham di Perusahan Bir

Seperti diketahui, pemeriksaan sejumlah petinggi Pengadilan Negeri (PN) Medan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa (28/8) lalu mengundang reaksi Komisi Yudisial (KY) untuk berkunjung ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan, Rabu (29/9) membahas langkah-langkah untuk pengkondisian jajaran pengadilan Medan pasca pemeriksaan hakim PN Medan tersebut.

Sementara itu Humas PN Medan, Erintuah Damanik mengatakan, pelantikan ketua PN yang baru akan digelar Senin (3/9) mendatang. “Pelantikan ketua PN yang baru tanggal 3 (September). Ketuanya pak Djaniko Girsang dan wakilnya Abdul Azis, pernah di PN Medan juga sebelumnya. Soal sertijab (serah terima jabatan) bisa belakangan,” ujar dia.(Syukri Amal)

Baca juga:  Peringati Hari Pahlawan, Yonkav 6/NK Silaturahmi Dengan Veteran Kemerdekaan
Loading...

Komentar Facebook

To Top