Demokratia

Pemilu 2019 Diperkirakan Ada 5 Juta Pemilih Pemula, Sebagian Besar Belum Punya e-KTP

PUBLIKA.CO.ID – Kementerian Dalam Negeri memperkirakan ada kurang lebih 5 juta pemilih pemula se-Indonesia. Mereka, kebanyakan belum memiliki e-KTP dan saat ini sedang disasar untuk melakukan perekaman.

Loading...

“Pemilih pemula di Indonesia ada kurang lebih 5 juta,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakhrulloh di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (23/10/2018).

Baca juga:  HMI Sumut Desak KPK Tuntaskan Kasus Korupsi ASN

Lewat gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan, kata Zudan adalah salah satu bentuk jemput bola Dirjen Dukcapil untuk memprioritaskan pemilih pemula melakukan perekaman sehingga memiliki e-KTP. Ini juga untuk mempersiapkan mereka menghadapi pemilihan Pemilu pada 17 April 2019.

Di Banten saja, gerakan sadar administrasi kependudukan bisa merekam kira-kira 5 ribu pemilih pemula. Padahal ini dilakukan hanya dalam waktu 2 hari.

Baca juga:  Berjuang Menuju DPR RI, Aminullah Siagian Dapat Rekomendasi dari PB Al-Washliyah

Di samping melakukan kegiatan sadar administrasi, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemda dan sekolah utuk menjaring pemilih. Sehingga, masalah kepemilikan e-KTP menurutnya bisa segera tuntas.

“Ini ada sinergi antara Dinas Pendidikan, Pemda, Dukcapil. Kita bekerja untuk menyelesaikan (masalah) bangsa ini,” ujarnya.

Terakhir, Zudan mengatakan, perkiraan 5 juta pemilih pemula tersebut adalah mereka yang sudah ada di Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). (dtk/asp/rvk)

Loading...
Baca juga:  Bahasa Belanda Membawa Debora Kagumi Sosok Edy Ikhsan

Komentar Facebook

To Top