Peristiwa

Empat Jurnalis Sumut Dapat Kesempatan Studi Komparasi Ke Sorowako

Empat jurnalis asal Sumut mewawancarai perwakilan PT Vale Indonesia Tbk. Sorowako di sela-sela kunjungan studi komparasi. (Foto: Dok Tambang Emas Martabe)

PUBLIKA.CO.ID – PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe memberangkatkan empat wartawan dari Sumatera Utara untuk melakukan kunjungan dan studi komparasi ke PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako pada 22-24 Oktober 2018.

Loading...

Kunjungan dan studi komparasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi bagi para wartawan terkait penerapan keberagaman gender di industri pertambangan Indonesia.

Keempat wartawan tersebut yakni Dame Ambarita dari Sumut Pos, Mega Sihombing dari Kiss FM, Netty Guslina dari Jurnal Asia, dan Damai Mendrofa dari Aktual.co.

Keempatnya merupakan pemenang Kompetisi Karya Jurnalistik 2018 Tambang Emas Martabe yang bertemakan “Tantangan, Potensi, dan Peluang Penerapan Inisiatif Keberagaman Gender di Industri Pertambangan” yang diselenggarakan pada Agustus-September 2018.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono menyebutkan kunjungan dan studi komparasi ini merupakan bagian dari penguatan komitmen Tambang Emas Martabe untuk terus meningkatkan kapasitas dan pemahaman para wartawan di Sumatera Utara terkait industri pertambangan di Indonesia dan pengelolaan lingkungan sekitar tambang.

Baca juga:  Dua Terdakwa Kepemilikan 100 Kg Sabu Tertunduk Dituntut Pidana Mati

Lebih lanjut, Katarina sangat mengapresiasi seluruh wartawan yang telah turut berpartisipasi mengirimkan karya-karya terbaiknya dalam kompetisi Kompetisi Karya Jurnalistik 2018. Para wartawan dan media massa merupakan salah satu pemangku kepentingan utama dari Tambang Emas Martabe.

“Sesuai tema kompetisi pada tahun ini, kami ingin memberi tambahan gambaran, pemahaman dan pengetahuan bagi para wartawan pemenang terkait penerapan keberagaman gender di tambang lainnya di Indonesia, salah satunya di Vale Indonesia. Saat ini, laki-laki dan perempuan dimungkinkan untuk memberikan kontribusi setara bagi dunia pertambangan. Di dunia pertambangan Indonesia, perempuan diberikan kesempatan yang sama dengan laki-laki, meskipun setiap jenis usaha pertambangan memiliki tantangan berbeda-beda dalam mengimplementasikan program keberagaman gender,” tutur Katarina.

Baca juga:  Aksi Damai #2019TetapPresiden dan #2019GantiPresiden Berlangsung Aman dan Terkendali

Katarina menambahkan, Tambang Emas Martabe meyakini bahwa keberagaman gender akan meningkatkan kekuatan dan kinerja perusahaan, melalui keberagaman ide pengembangan, pemecahan masalah, dan inovasi.

Tak hanya studi komparasi terkait penerapan keberagaman gender, para wartawan juga mendapatkan informasi dan mendapatkan kesempatan melihat langsung mengenai operasional pertambangan nikel dan pengelolaan lingkungan di Vale Indonesia.

Mega Sihombing mengungkapkan berbagai program peningkatan pemahaman wartawan yang selama ini difasilitasi oleh Tambang Emas Martabe, termasuk kunjungan dan studi komparasi ke tambang-tambang lain telah menambah pemahaman serta pengetahuan tentang operasional tambang dan berbagai tantangannya.

Baca juga:  Gereja HKBP Gunung Pariama Dapat Bantuan Ratusan Sak Semen, Plafon dan Keramik

“Sebagai seorang wartawan, tentunya mengunjungi lokasi tambang Vale Indonesia memberi dampak sangat positif dalam menambah pengalaman dan pengetahuan mengenai industri pertambangan. Kunjungan ini merupakan salah satu pengalaman terbaik selama berkarir di dunia jurnalistik.”

Hal senada dikemukakan oleh Damai Mendrofa.

“Saya memberikan apresiasi bagi Tambang Emas Martabe yang kali ini memberikan kesempatan bagi saya dan teman-teman wartawan lainnya untuk berkunjung ke Vale Indonesia. Saya mendapat gambaran bagaimana penerapan keberagaman gender di tambang lainnya, juga dari aspek operasional. Saya berharap kegiatan serupa bisa diteruskan lagi, dengan mengangkat tema serta isu-isu lain yang semakin mendalam,” ungkapnya.(*)

Penulis: Arifin Al Alamudi

Loading...

Komentar Facebook

To Top