Peristiwa

Seperti di Singapura, Kota Medan Kini Punya Little India

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin saat peresmian gapura little india di Jalan zailnul Arifin Kota Medan (Foto: Kartik Byma)

PUBLIKA.CO.ID – Little India di Kampong Glam Singapura selalu jadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Di Little India ini menjadi tempat berkumpulnya warga keturunan India di Singapura. Terdapat kuil, penjual makanan khas India, dan pusat aksesoris.

Ternyata tak hanya di Singapura, Kota Medan juga punya kampung yang disebut Little India. Berada di Kampung Madras, Jalan Zainul Arifin, Kota Medan.

Sabtu (27/10/2018) malam, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin meresmikan gapura Little India, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Baca juga:  Eks Kepala Bank Sumut Kantor Gubsu Didakwa Rugikan Negara Hampir Rp4 M

Peresmian gapura ini merupakan momen cikal bakal, lahirnya persatuan dan kesatuan bangsa di Kota Medan.

Dharma Duta Bimas Hindu, AS Kobalen didampingi, Ketua Panitia Ega Nadthen mengatakan peresmian gapura Little India sengaja dilakukan dalam menyambut hari sumpah pemuda, yang jatuh setiap 28 Oktober, dimana hari kita bersatu dalam berbahasa.

“Jadi tujuan kami membangun tugu little india ini merupakan kesatuan, persatuan, persaudaraan antara masyarakat india dengan masyarakat pribumi, kami harap kedepannya ini dapat dijaga bersama. nanti akan kita adakan kuliner-kuliner khas Indian Food di seputaran kawasan little india, serta akan ada penyambutan festival deevapali di setiap tahun sekali,” ungkapnya saat diwawancara Publika.

Baca juga:  Buaya Tiap hari Muncul di Sungai Natal, Warga Minta BBKSDA Sumut Bertindak

Dia Juga menambahkan, hadirnya gapura little india di Kota Medan akan memeriahkan festival deepavali,  yang akan dirayakan setiap tahun sekali, ke depanya deepavali akan diikutkan dengan hari libur nasional.

“Kami berjuang untuk mengadakan hari libur nasional setiap menyambut hari perayaan festival deepavali, hasil pada tahun ini kita mendapatkan hari libur fakultatif tapi untuk tahun depan kami akan perjuangkan upayah festival deepavali diadakan dalam libur nasional,” jelasnya.

Baca juga:  Saksi Ahli Sebut Penyakit Kompol Fahrizal Berbahaya, Bisa Kambuh Sewaktu-Waktu

Wali Kota Medan T Dzulmi Eldinberharap agar ke depannya Little India di Kota Medan membawa ciri khas di Medan sehingga berkesan mewarnai apabila dikunjungi wisatawan.

“Tentunya kita berharap setelah diresmikan tugu ini muncul kuliner-kuliner khas india. Sehingga ketika wisatawan berkunjung ke Kota Medan dapat membawa oleh-oleh khas dari India,” pungkasnya.

Penulis: Kartik Byma

 

Komentar Facebook



Loading...
To Top