Nusantara

Ombudsman RI Sidak Kantor Imigrasi Kelas II Belawan

 

PUBLIKA.CO.ID- Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara bersama tim lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Imigrasi Kelas II Belawan. Inspeksi mendadak ini dilakukan oleh Ombudsman RI untuk memastikan pelayanan publik di instansi tersebut berjalan sesuai standart.

“Banyak informasi yang masuk ke kita terkait masih maraknya dugaan praktek calo. Untuk itu kita lakukan inspeksi, dan memilih kantor Imigrasi sebagai unit layanan publik yang kita datangi,” kata Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar, usai sidak di kantor Imigrasasi kelas II Belawan, Jalan Serma Hanafiah Belawan, Kamis (1/11/2018).

Namun saat melakukan sidak sekira pukul 14.00 Wib, suasana kantor pelayanan Imigrasi kelas II Belawan sudah sepi. Tim hanya mendapati beberapa staf yang sedang beraktifitas.Tapi saat Ombudsman baru tiba di ruang pelayanan, ada dua orang yang diduga bukan pegawai terlihat keluar dari dalam kantor dengan kondisi tergesa-gesa.

Baca juga:  Buron Dua Tahun Lebih, Mantan Kadis PU Deliserdang Ditangkap di Rumahnya

“Begitu kita sampai, suasana sudah sepi. Kita tidak temuai ada pemohon di ruang tunggu,” ujar Abyadi.

Pun demikian, Abyadi menjelaskan ada beberapa catatan dari hasil sidak yang dilakukan pihaknya. Diantaranya, masih belum lengkapnya informasi layanan publik di ruang tunggu.

“Perlu diperbaiki layanan yang ada, soalnya itu lokasi kantor kan sempit. Seperti informasi alur pelayanan, informasi pelayanana untuk WNA,” ujar abyadi.

Baca juga:  Peringati Hari Pahlawan, Yonkav 6/NK Silaturahmi Dengan Veteran Kemerdekaan

Sementara itu, Asisten Ombudsman RI M Pramulya Kurniawan memberikan beberapa catatan penting lainnya yang harus dilengkapi oleh kantor pelayanan Imigrasi kelas II Belawan. Hal itu untuk memenuhi standart pelayanan minimum kantor pelayanan publik.

“Untuk tamu harus memakai kartu tanda pengenal (Id card) supaya tidak semua bisa keluar-masuk,”

“Alur aturan pelayanan itu juga perlu dibuat dengan bahasa bilingual, untuk mempermudah pelayanan bagi warga negara asing,” kata M Pramulya Kurniawan.

Dia berharap, dengan telah dipenuhinya standart minimum pelayanan publik itu, dapat meminimalisir terjadinya kelalayan dan pelanggaran di instansi pelayanan publik.

Baca juga:  Kantor Gubernur Terbakar, Hari Ini PNS Diliburkan

Kepala Seksi Lalulintas dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas II Belawan Benyamin Harahap mengapresiasi kedatangan Ombudsman ke kantor Imigrasi Belawan. Dengan catatan yang diberikan itu, pihaknya akan melakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan publik di instansi tersebut.

Namun terkait informasi adanya praktik calo, pihaknya membantah. Menurutnya tidak ada praktik calo di kantor Imigrasi kelas II Belawan.

“Selama ini, hanya pemohon langsung yang boleh mengurus dan antri disini. Kalau PJTKI juga bisa,” ungkapnya.

Reporter: Muklis

Editor: Asmojoyo

Komentar Facebook



Loading...
To Top