Serbaneka

Durian Sempat Bikin Heboh Penumpang Pesawat Sriwijaya Air, Begini Aturan Sebenarnya

Ilustrasi Buah Durian (IST)

PUBLIKA.CO.ID – Bau durian yang menyengat di pesawat Sriwijaya Air SJ 091 Bengkulu-Jakarta kemarin diprotes oleh penumpang. Sebenarnya, bagaimana aturan membawa buah-buahan termasuk durian?

Protes penumpang terhadap bau durian di pesawat ini salah satunya disampaikan oleh Road Manager band Steven and The Coconut Treez, Amir Zidane lewat unggahan di Facebook. Amir mengunggah video yang memperlihatkan durian dikeluarkan dari kargo pesawat setelah penumpang protes.

Permenhub 53/2017 mengatur tentang Pengamanan Kargo dan Pos serta Rantai Pasok (Supply Chain) Kargo dan Pos yang Diangkut dengan Pesawat Udara. Di pasal 24, diatur bahwa barang-barang mudah rusak, salah satunya buah, harus melewati pemeriksaan khusus.

Pasal 24
(1) Kargo dan pos jenis tertentu dilakukan pemeriksaan khusus.

(2) Kargo dan pos jenis tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) antara lain:
a. jenazah dalam peti;
b. vaksin;
c. plasma darah dan organ tubuh manusia;
d. barang-barang medis yang mudah rusak;
e. hewan hidup (live animal);
f. barang-barang yang mudah rusak [perishable goods);
g. barang-barang ukuran besar (kategori Out Of Gauge /OOG) dan berat (kategori Heavy/HEA) yang tidak dimungkinkan diperiksa melalui mesin x-ray; dan
h. kargo lain yang ditentukan oleh Direktur Jenderal.

(3) Pemeriksaan khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan cara :
a. pemeriksaan fisik kargo secara manual; dan
b. pemeriksaan kelengkapan dan kesesuaian
dokumen dari instansi terkait jika dipersyaratkan.

(4) Barang-barang mudah rusak (perishable goods) sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf f antara lain :
a. ikan dan hasil laut lainnya;
b. sayur-sayuran;
c. buah-buahan;
d. benih; dan
e. bibit

Sebelumnya diberitakan, Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group, Retri Maya menyebut pengangkutan buah durian ke bagasi pesawat itu tidak menyalahi aturan. Dia menyebut pengemasannya juga sudah sesuai SOP.

“Mengangkut durian dalam penerbangan itu merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap maskapai sejauh dikemas dengan baik dan masuk ke dalam cargo sesuai dengan SOP,” kata Retri Maya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/11/2018).

Maya memastikan faktor keselamatan penerbangan tetap diperhatikan. “Sesuai arahan dan kebijakan perusahaan, Sriwijaya Air tidak akan menerbangkan pesawat, apabila pesawat tersebut tidak layak dan membahayakan seluruh penumpang dan crew,” tutup Maya.
(dtk/imk/tor)

Komentar Facebook



Loading...
To Top