Nusantara

Peringati Hari Pahlawan, Yonkav 6/NK Silaturahmi Dengan Veteran Kemerdekaan

Komandan Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata saat serahkan tali asih kepada Veteran Kemerdekaan, Sabtu (10/11)/Publika

PUBLIKA.CO.ID- Komando Batalyon Kavaleri (Yonkav) 6/ Naga Karimata peringati hari pahlawan dengan bersilaturrahmi dan serahkan tali asih kepada para veteran di Gedung Juang 45, Jalan Pemuda Medan, Sabtu (10/11).

Dalam acara silaturrahmi tersebut, turut hadir Komandan Batalyon Kavaleri Mayor Kav Jackie Yudhantara, Ketua Umum Harian Gedung Juang 45 Nurdin Lubis, Ketua Bankom 6 Naga Karimata Daniel Wijaya, dan beberapa orang pejuang dengan pakaian lengkap.

Komandan Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata mengatakan, acara yang diselenggarakan tersebut selain memperingati hari pahlawan, juga sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang atas pengorbanan mereka kepada bangsa.

“Ini merupakan bakti sosial yang dilaksanakan Yonkav 6/NK dan silaturahmi kepada khususnya para veteran dan pejuang yang ada di Medan,” kata Mayor Jackie.

Baca juga:  Berdamai, Kemitraan Sabar Sitorus-H Arbie Barlanjut

Dia menjelaskan, sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki latar belakang sejarah yang panjang. Rentetan sejarah besar tersebut diisi oleh para veteran. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

“Harapan saya sebagai pimpinan di Yonkav 6/NK bisa terus menjalin silaturahmi yang baik dengan para sesepuh dan veteran. Karena bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pendahulunya,” tegas Mayor Jackie.

Momentum ini, lanjut Mayor Jackie, juga dijadikan motivasi bagi para generasi penerus bangsa, untuk lebih giat membangun bangsa dari berbagai aspek.

Baca juga:  Kejati Sumut Sebut Kasus Dokumen Palsu JR Saragih Kedaluwarsa

“Hari pahlawan ini adalah momentum yang dapat diambil banyak manfaat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gedung Juang 45 Nurdin Lubis mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Yonkav 6/NK hari ini. Menurutnya, hal ini sebagai momentum untuk memaknai perjuangan yang dilakukan para pejuang kemerdekaan.

“Saya sangat berterimakasih kepada Batalyon Kavaleri 6 Naga Karimata dan Bankom Naga Karimata. Ini merupakan renungkan untuk kita bersama dalam memaknai perjalanan bangsa sejak dari kemerdekaan hingga hari ini,” kata Nurdin.

Dia menilai apa yang sudah diperjuangakan oleh para veteran, harus dilanjutkan oleh para generasi penerus hari ini. Apa yang bisa dilakukan dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

“Tadi saya sudah sampaikan kepada pak Danyon Kav 6/Naga Karimata, agara acara ini harus dilakukan secara rutin, misalnya ceramah atau bakti sosial,” harapnya.

Baca juga:  FAJI Sumut 2018 – 2022 Dilantik, Usung Misi Prestasi dan Penyelamatan Lingkungan Sungai

Ia mengajak dan menyerukan kepada masyarakat Sumatera Utara, untuk bersama-sama menjaga Gesung 45, sebagai satu simbol perjuangan perebutan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bagi saudara-saudara lain yang ingin memanfaat kan Gedung Juang 45, silahkan. Sebab Gedung ini dahulunya sebagai tempat mengatur strategi perang menghadapi penjajah,” ungkapnya.

Dalam acara ini, selain silaturahmi, juga dilakukan penyerahan tali asih dan paket sembako. Setelah itu, acara ditutup dengan berfoto bersama.

Reporter: Muklis
Editor: Asmojoyo

Komentar Facebook



Loading...
To Top