Serbaneka

Penghuni Rutan Tanjunggusta Gelar Perayaan Deepavali

Sejumlah Umat Hindu Binaan Rutan Tanjunggusta Medan foto bersama seluruh rombongan lembaga keagamaan

PUBLIKA.CO.ID – Setelah setahun berdirinya Sri Maha Raja Pillayar kuil di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Tanjunggusta Medan, sejumlah penganut agama hindu ikut merayakan hari besar keagamaan Festival Deepavali pada, Senin (12/11) kemarin.

Selain merayakan Deepavali, mereka juga menyambut hari pahlawan yang diperingati beberapa waktu lalu.

Turut hadir Pinandita agama hindu, Arul Prasad .Skom.Spdh bersama Pembibing Masyarakat Hindu Kanwil Medan, Antonikuil Sembing, Msi beserta rombongan Perwakilan ICHI Ikatan Cendikiawan Hindu dan Majelis tinggi Agama Hindu, Parisada Hindu Dharma Indonesia.

Arul Prasad selaku Pinandita agama hindu mengatakan, perayaan tersebut dilakukan dengan ritual pemujaan dewa ganesha di kuil Sri Maha Raja Pillayar, dalam ritual itu seluruh narapidana beserta umat yang hadir menyaksikan penyalaan pelita serta darma wacana.

“Kita juga melakukan darma wacan dan penyerahan kitab suci Weda untuk para narapidana khususnya penganut agama hindu,” katanya saat dikonfirmasi Publika, Rabu (14/11).

Dia juga menjelaskan, tujuannya tidak lain hanya untuk melakukan perbuatan baik.

“Jadi ini kan momen deepavali yang artinya hari besar atau hari kemenangan bagi umatnya baik dari sifat yang jahat dan buruk, tentunya kami harap kedepannya setelah digelar perayaan seperti ini dapat menjadikan sebagai bentuk perubahan umat binaan yang ada di dalam rutan tersebut,” jelasnya.

Raja Kanu, salah seorang warga binaan Rutan Kelas 1 Tanjung Gusta, juga menyampaikan perayaan seperti ini baru saja pertama sekali dilaksanakan.

“Kami berterimakasih dengan seluruh pihak yang telah memfasilitasi untuk merayakan perayaan ini. Tentunya kami berharap perayaan ini terus digelar ditahun berikutnya agar kami pun dapat mempelajari semua arti dari kebudayaan yang ada dalam agama hindu,” pungkasnya.

Penulis: Kartik Byma

Komentar Facebook



Loading...
To Top