OLAHRAGA

Bukan Djanur, Peter Butler Sebut Persebaya Bagus Karena Faktor Ini

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, saat sukses membawa PSMS ke Liga 1 tahun lalu.(ist)

PUBLIKA.CO.ID- Persebaya menjadi tim yang sangat kuat pasca dibesut pelatih Djadjang Nurdjaman. Memperoleh 7 kali menang empat kalah dan satu seri pasca masuknya eks pelatih PSMS Medan tersebut, Bajul Ijo-julukan Persebaya-menduduki posisi enam klasemen sementara Liga 1 2018 dengan 47 poin.

Jika banyak yang menilai, kehadiran Djanur-sapaan Djadjang Nurdajaman-yang menjadi faktor utama membaiknya performa David Silva dkk, namun Pelatih PSMS Medan, Peter Butler menilai, level tim calon lawan yang dihadapi PSMS Medan di Stadion Teladan Medan, Sabtu (1/12) membaik lantaran dihuni sejumlah pemain berkualitas.

“Persebaya punya banyak pemain yang ada kualitas. Seperti Silva (David Silva), Osvaldo Haay, Oktafianus (Oktafianus Fernando) adalah pemain yang punya kualitas bagus. Mungkin mereka ada pemain muda yang kualitasnya paling baik karena mereka “mencuri” banyak pemain dari Papua,” ujar Peter Butler usai memimpin latihan PSMS Medan, di Stadion Teladan Medan, Kamis (29/11) sore.

Baca juga:  Medan dan Sergai Sukses Mendominasi Kejurda R6 Arung Jeram Sumut

Pelatih asal Inggris itu menyebut, sebanyak 11  pemain Persipura musim lalu dibajak klub lain musim ini, dan lima atau enam di antaranya memperkuat Persebaya yang dia sebut melakukan rekrutmen pemain yang baik jelang Liga 1 2018 lalu. “Mungkin mereka (Persebaya) ambil lima atau enam pemain dari Papua ke Persebaya. Rekrutmen awal musim Persebaya bagus sekali karena mereka rekrut pemain yang kualitasnya bagus,” ucapnya.

Baca juga:  Disanksi Lagi Untuk Penyalaan Suar, Total Denda PSMS Rp1 Miliar Lebih

Pemain Papua yang ada di Persebaya sebut Butler memberikan perubahan signifikan terhadap kualitas tim milik Bonek Mania tersebut. “Saya pikir pemain seperti Osvaldo, Oktafianus, semua orang Papua baik sekali, very good. Itu keunggulan Persebaya. Mereka di game, banyak kualitas, Persipura hilang banyak kualitas. Saya mengerti kenapa mereka pergi (Keluar dari Persipura),” ucapnya tanpa menjelaskan lebih lanjut maksudnya.

Menurutnya, kendati punya sejumlah pemain berkualitas, performa Persebaya saat dibesut Pelatih Alfredo Vera belum sesuai ekspektasi. “Kalau anda evalausi rekrutmen Persebaya musim awal lebih bagus dari PSMS. Mungkin di pelatih kemarin harus ambil tanggung jawab untuk itu. Karena di pengurus, terus di pelatih awal musim, Alfredo, rekrut pemain berkualitas,” ungkapnya.

Baca juga:  Kepri Jaya Akhiri Perjuangan PSMS di Piala Indonesia

Saat dimintai komentarnya soal Djanur, Peter Butler enggan berkomentar. “Saya tidak mau bicara soal dia (Djanur). Dia rekrut semua pemain di sini (PSMS) tapi saya tidak mau komen. Mungkin lebih bagus saya tidak tahu dia dan tak mau komen buat dia itu cukup,” pungkasnya.(Syukri Amal)

Komentar Facebook



Loading...
To Top