Millenia

Asah Kreatifitas, YAFSI Bekali Anak dan Remaja Binaan Ilmu Fotografi

PUBLIKA.CO.ID – Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia perkuat karakter dan kreativitas anak dan remaja dengan mengenalkan ‘dunia fotografi’. Kegiatan tersebut digelar di Medan, dalam bentuk Workshop yang bertajuk Literasi Media Kampanye Pendidikan Karakter, dengan menghadirkan jurnalis dan fotografer Ferdy Siregar sebagai pembicara, Sabtu (8/12).

Kegiatan worshop berjalan lancar, para peserta yang terdiri dari anak dan remaja itu terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan.

Ferdy yang ditemui usai acara mejelaskan betapa pentingnya anak dan remaja di berikan pendidikan fotografi sejak dini. Selain akan menambah kreativitas para anak, juga dapat mendidik anak untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Seperti membangun empati maupun menangkal perilaku penyebaran informasi bohong di sosial media.

“Sangat penting membekali anak dan remaja saat ini dengan ilmu fotografi. Melihat perkembangan zaman saat ini, yang melek dengan teknologi. Selain mengasah kreativitas para anak, ini juga bertujuan mensosialisasikan penggunaan gadget sehat,” kata Ferdy.

Menurutnya, perkembangan ilmu teknologi komunikasi, membuat ilmu fotografi tidak saja berdampak pada kepentingan individu semata, melainkan berfungsi bagi kehidupan sosial.

“Salah satunya kalau kita lihat akhir-akhir ini peristiwa yang terjadi baik itu bencana alam atau peristiwa lain, selalu bermula dari foto atau video melalui gadget penyebarannya. Ini menunjukan pentingnya untuk belajar fotografi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sekitar delapan sampai sepuluh tahun lalu, ilmu fotografi hanya diminati oleh kalangan anak muda atau mahasiswa. Sebab selain peralatan yang mahal, juga fungsinya masih terbatas. Sementara saat ini sangat mudah unruk mendapatkan alat menunjang kreativitas di dunia fotografi yakni cukup dengan handphone.

“Saya ingat pada tahun 2010 ke bawah, fotografi hanya digeluti mahasiswa di kampus saja. Sebabnya mungkin karena alatnya saat itu masih mahal dan tidak semudah sekarang. Kalau sekarang dengan kecanggihan teknologi pada handphone, semua sudah bisa menerapkan kreativitas di bidang fotografi ini,” ujar Ferdy yang juga anggota Pewarta Foto Indonesia ini.

Ferdy juga berharap dengan adanya workshop literasi media ini, para anak dan remaja paham tata cara pengambilan foto atau video yang mereka temui, “Mereka paham untuk tidak menyebarkan foto hoaks, berbau pornografi atau propaganda negatif. Tetapi mereka paham bagaimana mengambil sebuah peristiwa yang lebih erat kaitannya dengan kehidupan sosial, budaya, kuliner dan wisata yanga da di lingkungannya.”

Sementara itu, Ketua Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia Badriyah mengapresiasi semangat dan minat belajar anak-anak. Hal ini sesuai dengan semangat dari YAFSI yakni membangun karakter dan kreativitas anak, membangun kesadaran dan kapasitas masyarakat, dengan program pendidikan karakter berbasis masyarakat untuk anak dan remaja melalui Rumah Pintar.

“Kami dari YAFSI berterimakasih kepada bang Ferdy Siregar yang suah berbagi ilmu kepada anak binaan kami ini. Semoga nanti anak dan remaja ini akan menghasilkan foto-foto bagus sebagai karya mereka,” tandasnya.

Reporter: Muklis
Editor: Asmojoyo

Komentar Facebook



Loading...
To Top