OLAHRAGA

Ini Alasan Askot PSSI Medan Gelar Turnamen Sepakbola Tiga Kategori Usia

Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution (tengah) saat menggelar pelepasan balon membuka turnamen sepakbola bersama Ketua Askot PSSl Medan, Iswanda Ramli (tiga kiri) di Stadion Kebun Bunga Medan, Jumat (14/12).ist

PUBLIKA.CO.ID – Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Medan, Iswanda Ramli mengatakan, Turnamen Sepakbola antar Sekolah Sepakbola (SSB) dan Klub se Kota Medan yang digelar pihaknya sejak Jumat (14/12)  untuk melihat potensi pesepakbola Kota Medan.

Hal itu dikatakan Iswanda Ramli saat pembukaan kegiatan tersebut di Stadion Mini Kebun Bunga Medan, Jumat (14/12).

“Turnamen ini digelar sebagai wadah untuk melihat sejauh mana potensi para sepakbola muda Medan. Tentunya kami berharap ke depan akan lahir para pesepakbola andal baru dari Sumut khususnya Medan seperti Nobon Kayamudin, Parlin Siagian, Abdurrahman Gurning, dan Ismail Ruslan,” ucapnya saat memberikan sambutan jelang pembukaan.

Pria yang biasa disapa Nanda itu, juga menyatakan, selama ini Askot PSSI Medan cukup aktif dalam menggelar sejumlah event sepakbola kelompok umut. “Ini dilakukan sesuai dengan peran dan fungsi askot di daerah, yang memang untuk menjaring pesepakbola muda di daerah,” tutup pria yang juga Wakil Ketua DPRD Medan ini.

Baca juga:  Lomba Menembak Kodam Iskandar Muda Jadi Ajang Siapkan Bibit Atlet PON 2020 Papua

Ketua Panitia, Yega Nathen, didampingi Sekretaris Pesta Lumban Gaol menjelaskan, turnamen yang digelar hingga Minggu (23/12) mendatang dibagi tiga kelompok umur, mereka, untuk U-12 sebanyak 32 peserta, U-15 sebanyak 26 peserta, dan U-17 sebanyak 11 peserta.

“Saya berharap dalam pertandingan ini peserta harus mengedepankan sikap fair play, karena itu lebih penting daripada sekadar gelar juara. Nantinya para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan medali,” ucapnya.

Baca juga:  Ini Kronologi Penunjukan Abdul Rahman Gurning CS Sebagai Tim Pelatih PSMS Medan

Untuk diketahui, turnaman sepakbola antar SSB dan klub se Kota Medan memperebutkan Piala Wali Kota Medan di Stadion Kebun Bunga Jumat (14/12) resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution.

Event yang bekerjasama dengan Dispora Medan ini diikuti 69 tim, di antaranya Gumarang FC, Patriot Disporasu, Medan Soccer, Medan Utara, Sahata, Sinar Belawan, Sinar Sakti, dan Satria Porta. Dan akan menggunakan dua stadion yakni Kebun Bunga dan Teladan Medan.

Akhyar Nasution dalam sambutannya mengapresiasi semangat Askot Medan dalam menggelar sejumlah event sepakbola di Medan. Event seperti turnamen Piala Wali Kota Medan itu dinilai bagus untuk digelar, demi mencari bibit pesepakbola muda andal di kota ini.

“Seperti kita ketahui, prestasi sepakbola Sumut khususnya Medan saat ini sedang pasang-surut. Untuk itu, mari sama-sama kita saling bahu-membahu meningkatkan lagi prestasi sepakbola Medan, salah satunya dengan mencari bibit pesepakbola muda sejak dini,” ujarnya.

Baca juga:  Ini Kronologi Penunjukan Abdul Rahman Gurning CS Sebagai Tim Pelatih PSMS Medan

Pemko Medan kata dia akan terus membantu untuk meningkatkan prestasi sepakbola Medan, salah satunya PSMS sebagi ikonnya. Namun harus dimengerti pula jika Pemko Medan tentunya punya keterbatasan dalam membantu, dan ini terkait sistem yang sudah diatur.

“Kami akan maksimal dalam membantu agar sepakbola di Medan maju. Hany saja memang harus dilihat dulu, bantuan seperti apa yang harus diberikan, karena jangan sampai melanggar aturan yang sudah ada,” pungkasnya.(Syukri Amal)

Komentar Facebook



Loading...
To Top