Nusantara

Dialog LEMI Medan: Wirausaha Dapat Memperkuat Independensi HMI

PUBLIKA.CO.ID – Dalam rangka memperingati milad Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-72, Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam (LEMI) HMI Cabang Medan menggelar dialog kewirausahaan, Sabtu (9/2) di Pelipur Cafe, Medan.

Loading...

Dialog kewirausahaan tersebut mengangkat tema “Menciptakan Wirausaha Muda di Lingkungan HMI” dan menghadirkan Ketua Lembaga Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM Pemprovsu Mhd. Nedy Afriadi sebagai pemateri.

“HMI sudah berusia 72 tahun, seyogianya usia tersebut bisa dikatakan tidak muda lagi dalam sebuah organisasi dan beberapa zaman pun sudah dilalui. Di era millenial ini, HMI harus menambah gaya perjuangannya yakni berkarya dan mandiri,” kata Direktur Eksekutif LEMI HMI Cabang Medan Taufik Kurniawan dalam kata sambutannya.

Dialog tersebut, jelas Taufik, merupakan follow up dari hasil kesepakatan LEMI HMI Cabang Medan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Sumut dalam memajukan perekonomian masyarakat melalui pembinaan sektor UMKM.

Baca juga:  Kembali Ke Ummat, KAHMI Luncurkan Sejumlah Program Kemanusiaan

“Sekarang, LEMI Medan sudah ada program Bina Usaha dengan menggandeng Dinas Koperasi & UMKM Sumut dalam menjalankannya. Saya pikir program ini solusi tepat dalam menuntas kesenjangan sosial dan meredam maraknya praktik sistem kapitalis di negara ini khusunya Kota Medan,” jelasnya.

Selain itu, hadir juga Sekretaris Umum HMI Cabang Medan Akbar Maulana. Dalam kata sambutannya, ia mengatakan bahwa wirausaha adalah salah satu upaya yang dapat ditempuh HMI agar independensinya tetap terjaga.

“Hari ini HMI harus mandiri, untuk tetap menjaga independensinya agar tidak terjebak politik praktis dan kekuasaan. Berwirausaha adalah cara konkret HMI bisa menguatkan independensinya. Saya mengapresiasi LEMI Medan dalam melaksanakan dialog serta membuat program bina usaha tersebut,” ujarnya.

Baca juga:  Mayat Waria Ditemukan Bersimbah Darah di Hotel 61 Medan

Sesuai tema yang diangkat, pemateri memaparkan bahwa kesalahan mayoritas masyarakat Indonesia saat ini dalam kewirausahaan ada tiga hal, yaitu mindset, mental, dan sistem yang kurang baik.

Berkaca dari 3 masalah tersebut pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus bisa memperbaikinya. Pemuda khususnya kader HMI harus mengubah mindset mencari kerja beralih menjadi membuka lapangan kerja.

“Saya sangat apresiasi program Bina Usaha LEMI Medan, dimana sekarang kader HMI bisa sebagai pionir dalam gerakan kewirausahaan di lingkungan organisasi kmahasiswaam dan pemuda. Program-program pendampingan kewirausahaan dari Dinas Koperasi & UMKM bisa menjadi solusi kawan-kawan LEMI dalam menyukseskan programnya,” paparnya.

Baca juga:  Netizen Gemala Raya Dihebohkan Kabar Tewasnya Wakapolres Labuhanbatu

Dalam kesempatan itu, Ahmad Kodri Fauzi Hsb sebagai Direktur Bidang Koperasi & UMKM LEMI HMI Cabang Medan sekaligus moderator juga memberikan pandangan bahwa memperkuat sektor kewirausahaan termasuk sebagai salah satu upaya mewujudkan tujuan HMI.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk meningkatkan minat para kader HMI dalam berwirausaha, agar bisa mandiri sehingga dapat menjaga independensi dan berkontribusi dalam perekonomian yg bertujuan mewujudkan kemakmuran bagi masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, di tempat diskusi tersebut terdapat 5 anggota bina usaha LEMI HMI Cabang Medan yang berasal dari kader HMI.

Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook

To Top