Demokratia

Muda dan Merakyat, Bupati Tapteng Rutin Ngopi Bareng Masyarakat Serap Aspirasi

PUBLIKA.CO.ID – Selain dikenal sebagai salah satu Bupati termuda dan energik di Indonesia, Bakhtiar Ahmad Sibarani juga merupakan sosok yang sangat merakyat dalam mengemban amanah dan tanggungjawabnya.

Loading...

Status merakyat yang disematkan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan rutinnya. Bakhtiar tak sungkan langsung menemui masyarakat dan ngopi bareng sembari menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat.

“Selain meningkatkan tali sillaturahim dan membangun jembatan hati, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menyerap langsung masukan maupun keluhan dari masyarakat,” kata Bakhtiar saat diwawancarai Publika.co.id, Selasa (12/2).

Baca juga:  Selain Divonis 5,5 Tahun Penjara, OK Arya Harus Bayar Uang Pengganti Miliaran Rupiah

“Ngopi bersama ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dengan mendatangi warung satu persatu di Tapteng,” imbuhnya.

Menariknya, kegiatan ngopi bareng masyarakat tersebut mengorbankan waktu luangnya, alias di luar jam bertugas sebagai Bupati.

Bakhtiar mengakui, dirinya sadar bahwa rutinitas kerja membuat dirinya tidak bisa menyapa dan bertatap muka langsung dengan masyarakat.

Baca juga:  Dzikir Politik: Medsos Dan Fenomena Post-Truth

“Sebagai pemimpin yang baik dan bijaksana, kita harus mengorbankan banyak hal. Sebab masyarakat berharap banyak kepada pemimpinnya. Jika pemimpinnya tidak mau meluangkan waktu untuk mendengar, kemana lagi masyarakat akan mengeluh?” ungkapnya.

Selain itu, jelas Bakhtiar, kegiatan menyerap aspirasi melalui ngopi bareng masyarakat sangat efektif sebagai upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik di Tapteng.

“Jadi begitu warga menyampaikan keluhannya, kita bisa langsung memerintahkan OPD yang bersangkutan untuk segera merealisasikannya. Kita ingin masyarakat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah kehidupannya,” jelasnya.

Baca juga:  HMI Kembali Demo, Ketua DPRD Sumut Enggan Menanggapi

Saat ngopi bareng, Bakhtiar dan masyarakat saling mendapat manfaat yang besar. Bakhtiar dalam kesempatan tersebut dapat menyampaikan berbagai informasi pembangunan yang tengah maupun telah diselesaikan Pemkab Tapteng.

“Dengan demikian masyarakat dapat mengetahuinya serta ikut merawat maupun menjaga hasil pembangunan yang telah selesai dilakukan tersebut,” tandasnya.

Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook

To Top