Dibuka November, BKN Siapkan Portal SSCASN untuk Pendaftaran CASN 2019

JAKARTA, PUBLIKA.CO.ID – Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2019 secara online di laman SSCASN BKN dijadwalkan akan dimulai November, bulan depan. Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menunggu instruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, kapan tanggal dimulai pendaftaran CASN.

Loading...

“Dari sisi BKN, insyaallah siap. Tinggal instansi yang harus menyelesaikan semua setting admin SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) dan menyiapkan format pengumuman jika sewaktu-waktu pengumuman resmi disampaikan oleh MenPAN-RB,” kata Karo Humas BKN Mohammad Ridwan, Jumat (25/10).

Dia mengungkapkan, sejak Selasa (21/10) hingga Jumat (25/10) ini, pihaknya melakukan bimbingan teknis kepada admin instansi untuk setting formasi, dan lain-lain di SSCASN. Dia berharap, setting tersebut selesai sebelum pengumuman resmi penerimaan CASN 2019 keluar. “Saya sudah tanya ke KemenPAN-RB, apakah hari ini atau tidak. Namun belum ada respons, kita tunggu saja,” ucapnya.

Baca juga:  MTQN XXVII Semakin Dekat, Gubernur Sumut Tinjau Langsung Lokasi Utama

Yudhantoro Bayu, koordinator portal SSCASN BKN menambahkan, setting formasi yang dimaksud adalah rincian jabatannya beserta kuota masing-masing kementerian/lembaga dan daerah. Mereka memasukkannya dalam sistem sebelum diumumkan. “Kemarin setiap instansi sudah mendapatkan formasi dari MenPAN-RB. Nah, formasi itu dimasukkan ke dalam SSCASN. Jadi mekanismenya sebelum diumumkan ke publik, di-cross check dulu dengan formasi yang diterima,” tuturnya.

Tahun ini, formasi yang disiapkan pemerintah sebanyak 197.111 khusus CASN. Sedangkan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) belum ada kebijakan apa-apa.

Baca juga:  Mantap! Pelindo 1 Kembali Raih Golden Trophy ‘Infobank BUMN Awards 2018’

Portal SSCN Tak Berlaku Lagi

Mohammad Ridwan juga mengingatkan para pelamar CASN 2019 yang akan melihat pengumuman formasi apa yang dibuka dan kemudian mendaftar, dipersilakan membuka portal SSCASN BKN. Portal lama SSCN BKN tidak digunakan lagi. ‘“Proses rekrutmen CASN 2019 hanya menggunakan satu sistem yaitu SSCASN. Selain itu tidak ada lagi. Portal SSCN tidak berlaku lagi,” ungkap Ridwan.

Sebelumnya, Deputi BKN Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen menjelaskan, tahun lalu jumlah pendaftar CASN yang membuat akun sebanyak 4,6 juta orang. Namun, yang memastikan data hanya 3,6 juta. Itu belum termasuk Papua, Papua Barat, Palu, dan Donggala.

Baca juga:  Kasus Idrus Marham Terus Berlanjut, KPK Periksa Tiga Saksi

Melihat tingginya antusiasme masyarakat mendaftar CASN, diperkirakan tahun ini ada kenaikan jumlah pendaftar 10-20 persen. Diprediksi 5 jutaan pendaftar akan masuk ke sscasn.bkn.go.id. Karena sudah dihitung dengan wilayah Papua, Papua Barat, Palu, dan Donggala.

Pada prinsipnya, menurut Ridwan, sistem SSCASN BKN sudah siap. Meski begitu masih menunggu cross check data dari Kementerian/Lembaga dan daerah sebelum diumumkan ke publik. “Harus difinalkan dulu semua formasinya baru bisa dipublikasikan. Semoga sebelum keputusan MenPAN-RB pengumuman CPNS 2019 dimulai, data K/L dan daerah sudah beres semua,” tandasnya. (pub)

Loading...

Komentar Facebook