Guncangan Gempa Buat Warga Kota Medan Panik dan Berhamburan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Telah terjadi gempa besar di Kota Medan dan sekitarnya. Guncangan begitu terasa hingga membuat panik warga kota Medan.

Loading...

Gempa tersebut terjadi pada pukul 17. 50 Wib, Sabtu (18/3/2017)

Guncangan itu terjadi hingga beberapa detik lamanya. “Woi gempa, gempa. Ayo keluar,” ujar seorang pegawai swasta di Kota Medan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memastikan tiap tahunnya lempeng tektonik yang ada di Sumatera bergeser.

Ini yang menyebabkan Kota Medan dan sekitarnya kerap diguncang gempa.

Ilustrasi
Ilustrasi (TribunMedan/ HO)

Akibat pergeseran ini, terjadi guncangan-guncangan kecil di beberapa wilayah Sumatera seperti Karo dan Deliserdang.

“Pertahunnya itu lempeng tektonik yang bergeser mencapai 70 milimeter. Akibat pergeseran ini, secara tidak langsung terjadi 209 kejadian,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan didampingi Staffnya, Retno Agung, Rabu (15/2/2017).

Syahnan mengatakan, BMKG tidak dapat memprediksi terjadinya gempa. Ia mengatakan, gempa bisa dianalisis setelah kejadian.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, BMKG tidak bisa memprediksi kapan terjadinya gempa. Untuk memastikan lokasi gempa, lima menit kemudian baru bisa kami ketahui dimana lokasi pastinya,” ungkap Syahnan.

Dari pantauan BMKG, titik gempa memang masih berada di seputaran Karo dan Deliserdang. Namun, kata Syahnan, gempa ini tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik.

“Gempa ini murni tektonik, tidak vulkanik. Dan dari pantauan kami, gempa yang dirasakan sebanyak 22 kali,” kata Syahnan.

Data ini, lanjutnya, berbeda dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Dari PVMBG, jumlah gempa lebih dari puluhan kali.

Sumber: Tribunnews.com

Loading...

Komentar Facebook