Pasokan Listrik Surplus, PLN Sumut Jamin Kenyamanan Ibadah Ramadhan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Kantor Wilayah Sumatera Utara memastikan pasokan listrik bagi masyarakat Sumatera Utara khususnya di bulan suci Ramdhan aman.

Loading...

“Insyallah sistem Sumbagut aman, dengan rata-rata cadangan 209 MW. Jika tidak ada extra ordinary, yang berdampak terjadinya gangguan. Cadangan tersebut akan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di bulan Ramadhan,” kata Aulia Mahdi, Manajer Area Pengatur Distribusi (APD) Wilayah Sumut kepada Wartawan, Kamis (3/5/2018).

Untuk memastikan hal itu, lanjutnya, PLN Wilayah Sumut telah melakukan serangkaian upaya baik dari sisi distribusi maupun pembangkit.

“Persiapan untuk memastikan suplai daya bagi rumah tangga, khususnya jelang bulan Ramadhan, sudah kita lakukan seminggu yang lalu. Kita sudah rapat bersama unit wilayah yang menangani pembagkit dan distribusi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, terhitung mulai persiapan puasa, selama puasa hingga lebaran nanti, diperhitungkan ada Beban Puncak (BP) sebesar 2000 MW lebih dengan rincian 1700 MW di Sumut dan 400 MW nya di Aceh

Dalam pertemuan itu, kata Aulia, pembahasan difokuskan pada kesiapan dan kekompakan, misalnya dari sisi pembangkit yang harus mampu mengatur jadwal kapan pemeliharaan dilakukan.

“Maka dalam pertemuan itu pembahasan fokus pada kesiapan dan kekompakan. Harus diatur jadwal agar tidak terjadi hari defisit. Begitu juga bila ada cadangan yang tipis, sudah dipersiapkan back up plan” paparnya.

Pun begitu, pihak PLN Wilayah Sumatera Utara tidak bisa pungkiri akan ada upaya pemeliharaan selama bulan suci Ramadhan.

“Selama ramadhan dalam kondisi tertentu tidak bisa dipungkiri akan ada pemadaman. Baik itu yang terencana atau tidak terencana. Tapi kita pastikan dalam pemadaman berencana akan kita jadwalkan bukan pada jam-jam krusial, seperti berbuka puasa, sholat tarawih dan saat sahur,” ungkap Agus Tri Susanto, Manajer Jaringan Medan.

Ada dua jenis bentuk pemadaman, sambungnya, yakni pemadaman terencena dan pemadaman tidak terencana. Untuk pemadaman tidak terencana, sumbernya gangguan. Seperti pohon tumbang, hujan lebat, dan petir.

Sementara pemadaman terencana yaitu pemadaman dengan maksud melakukan pemeliharaan terhadap jaringan misalnya travo atau penyalinan.

 

Penulis: Muklis
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook