Akses Masuk Sidebu-debu Terendam Dan Berlubang, Kemana Pemkab?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA- Kondisi jalan yang menjadi akses satu-satunya menuju objek wisata pemandian air panas sidebu-debu yang terletak di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, sangat memprihatinkan.

Loading...

Bagaimana tidak, hujan yang mengguyur sejak sekitar pukul 15.00 wib telah memutus akses menuju objek wisata tersebut. Genangan air diatas badan jalan setinggi paha orang dewasa, menyebabkan kemacetan panjang dan terganggunya perjalan masuk dan keluar Sidebu-debu.

Hal tersebut kemudian menuai protes dan keluhan dari pengunjung yang akan menikmati udara sejuk dan hangatnya air panas kaki Gunung Sibayak tersebut.

“Saya sudah hampir satu jam terjebak macet bang, katanya jalan tergenang banjir di depan. Sangat kita sesalkan juga pengelolaan objek wisata ini, jalannya sudah hampir rata rusak (berlubang), tapi tidak pernah diperhatikan oleh Pemkab. Padahal setiap masuk, kita bayar retribusi, tapi aksesnya juga masih buruk,” ungkap Syarifah (26), seorang pengunjung yang terjebak macet akibat jalan tergenang, kepada wartawan, Minggu (6/5/2018).

Dia menambahkan, sebagai objek wisata yang terkenal, harus di dukung oleh fasilitas yang juga memadai. Sebab yang berkunjung kesini (Sidebu-debu) bukan hanya orang Sumut, tapi banyak wisatawan luar bahkan mancanegara.

“Pemandian debu-debu ini kan bukan saja dikunjungi oleh orang Sumut saja, tapi orang luar Sumut bahkan manca negara, harusnya akses menuju lokasi ini yang paling penting diperbaiki,” ujarnya.

Senada dengan Syarifah, Dedi (30) warga Medan, ditemui sedang memperbaiki kendaraannya yang mogok, karena nekat menerobos banjir, menyampaikan keluhan yang sama terkait buruknya akses jalan menuju Sidebu-debu.

“Semestinya dinas terkait harus jeli memperhatikan fasilitas apa yang diperlukan untuk menunjang objek wisata Sidebu-debu ini. Setiap pengunjung kan di bebankan harus membayar retribusi dan itu masuk ke Pemkab, harusnya masalah yang ada juga harus di perhatikan Pemkab dong,” jelasnya.

Menurutnya, jika akses menuju pemandian Sidebu-debu diperbaiki, pengunjung yang datang akan nyaman, tentu akan meningkatkan pendapatan daerah melalui retribusi.

“Kalau jalan ini bagus, orang nyaman datang, otomatis pendapatan daerah melalui retribusi kan juga meningkat,” tandasnya.

Penulis: Muklis
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook