Ramadhan Segera Tiba, Warga Medan Padati Tempat Pemakaman

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA-Menjelang bulan Ramadhan sejumlah umat Islam di Kota Medan mulai memadati pemakaman umum untuk berziarah.

Loading...

Dari pantauan Publika, Senin (14/5/2018), sejumlah TPU mulai dari Jalan Halat, Jalan Guru Patimpus, Jalan Thamrin, hingga Jalan Gurilla terlihat ramai dikunjungi.

Sulisyanto salah satu warga yang berziarah kepemakaman di Jalan Halat mengatakan, dirinya bersama rombongan keluarga menziarah kuburan kakek dan nenek yang sudah meninggal dari beberapa tahun lalu, hal ini mengingat bulan Rahmadhan telah tiba.

“Ini kan udah mau bulan Rahmadhan jadi sudah tradisi bagi keluarga saya berziarah sebelum bulan Rahmadhan tiba,” kata Sulisyanto kepada Publika.

Selain itu, kata Sulisyanto, kedatangan dirinya dan keluarga juga sebagai momen instrospeksi diri bahwa setiap yang bernyawa akan dipanggil kelak.

“Di sini kita selaku orang tua juga dapat mengajarkan kepada anak-anak agar selalu berbuat baik, dan setiap orang nantinya akan diminta pertanggungjawabannya,” ujarnya.

Kehadiran para peziarah ini merupakan keuntungan besar bagi para pedagang musiman di sekitar pemakaman. Diantaranya para pedagang bunga.

Sumiyati salah satu penjual bunga mengaku, dirinya setiap menjelang bulan Ramadhan berjualan di Tempat Pemakaman Umum yang terletak di Jalan Halat. Di saat-saat ini lah, banyak yang membeli bunga untuk berziarah.

“Kalau mau bulan puasa pasti banyak yang beli bunga di tempat pemakaman, dalam sehari bisa menghasilkan 200 ribu bahkan bisa mencapai 500 ribu,” ujarnya.

Penulis: Kartik Byma
Editor: Bim

Loading...

Komentar Facebook