Mimpi Basah Siang Hari Di Bulan Ramadhan, Ini Hukumnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang amat ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Islam di seluruh belahan dunia. Selama bulan Ramadhan Umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Loading...

Dalam menjalankan ibadah puasa, setiap muslim tidak hanya diwajibkan menahan makan dan minum (haus dan lapar), akan tetapi dituntut untuk menahan hawa nafsu meskipun terhadap mukhrimnya (istri/suami) sendiri.

Namun bagaimana dengan mimpi basah bagi kaum adam di siang hari saat berpuasa? Batalkah puasanya?

Imam Nawawi dalam “Al Majmu” dikutip darieramuslim.com, menjelaskan bahwa jika seseorang (sedang berpuasa) bermimpi maka ia tidaklah membatalkan puasanya sesuai ijma’ para ulama karena ia orang yang tidak kuasa (menahannya) seperti nyamuk yang terbang dan hinggap di mulutnya tanpa dikehendakinya. Demikian sandaran dalil dalam permasalahan ini.

Sementara didalam “Al Mughni” (4/363) disebutkan bahwa seandainya seorang bermimpi (mimpi basah) sedang ia dalam keadaan berpuasa, maka tidaklah membatalkan puasanya karena hal itu diluar kehendaknya. Seperti halnya seseorang yang kemasukan sesuatu dalam tenggorokannya sedangkan ia dalam keadaan tidur,”.

Syeikh Ibn Baaz didalam Majmu’ Al Fatawa (15/276) pernah ditanya seseorang yang tidur di siang hari di bulan Ramadhan, kemudian ia bermimpi dan keluar mani darinya, maka apakah ia harus mengqadha hari itu?

Beliau menjawab “Tidak ada qadha baginya karena mimpi itu diluar kehendaknya, akan tetapi diharuskan baginya mandi (junub) jika dia mendapati mani.”

Senada dengan Syeikh Ibn Baaz, Syeikh Ibn Utsaimin didalam Fatawa ash Shiyam, menjelaskan jika seorang yang bermimpi (mimpi basah) saat tidur siang dalam keadaan puasa bulan Ramadhan, maka tidak membatalkan puasanya.

“Puasanya sah. Sesungguhnya bermimpi tidak membatalkan puasa, karena ia diluar kehendaknya. Telah terangkat pena darinya saat ia tidur,” Fatawa ash Shiyam halaman 284.

Demikian dalil dan penjelasan dari para ulama tentang hukum mimpi basah bagi kaum adam saat menjalankan ibadah puasa. Mudah-mudahan dengan ulasan ini dapat menambah kekhusukan dan ketaqwaan kita dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini.

Penulis: Muklis
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook