Merawat Budaya, Hindu Tamil Sumut Kembali Peringati Adhithiruvilla

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA- Warga Hindu Tamil Sumut kembali memperingati Adhithiruvilla di Kuil Sri Kalliamman Taman Dewi, Jalan Djamin Ginting, Kecamatan Sibolangit, Minggu (20/5/2018).

Loading...

“Perayaan ini merupakan upacara tradisi umat Hindu Tamil yang telah dilakukan secara turun temurun, salah satu ritualnya adalah tusuk lidah sebagai penyambutan Adhithituvilla, ini sebelumnya sempat terhenti dan tahun ini kembali digelar,” ujar Mitra salah seorang panitia yang ditemui Publika di lokasi acara.

Foto: Kartik Byma

Dijelaskan Mitra, Adhithiruvilla adalah perayaan yang jatuh di bulan Adhi, dipersembahkan untuk Dewi Kalliamman atau Dewi Durga. Beberapa ritual yang dilakukan antara lain tradisi tusuk lidah, tusuk tubuh 108 gancu, dan mengangkat kendi berisi susu sebagai simbol menebus dosa, dan melindungi keluarga dari segala penyakit.

Foto: Kartik Byma

Sebelumnya kata Mitra, di kuil Sri Kalliamman Taman Dewi Sibolangit sering digelar perayaan Adhithiruvilla, namun sempat terhenti beberapa tahun.

“Sewaktu saya melihat Kuil ini sudah tidak terawat lagi dan tidak pernah dirayakan lagi, saya berniat agar merawat dan menggelar perayaan seperti yang dulu yang selalu dirayakan,” ujar Mitra.

Foto: Kartik Byma

Mitra berharap agar perayaan ini terus digelar untuk tahun-tahun berikutnya, dan masyarakat Hindu Tamil dapat lebih antusias dalam merayakannya.  Selain itu, kata Mitra, perayaan ini sekaligus  jadi ajang meningkatkan  solidaritas  sesama umat Hindu Tamil di Sumut.

Dari Pantauan Publika, ratusan umat Hindu Tamil tampak antusias dengan menggunakan pakaian adat budaya Tamil. Lantunan musik tradisi suku Tamil pun bergema hingga umat yang hadir terlihat menikmati perayaan tersebut.

 
Penulis: Kartik Byma
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook