Inovatif, Mahasiswa Unsyiah Sukses Ciptakan Becak Listrik

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang tergabung dalam Tim Malem Diwa berhasil menciptakan becak listrik Type BC-L01. Ujicoba dan peluncuran hasil karya mahasiswa itu langsung disaksikan oleh Rektor Unsyiah Samsul Rizal dan General Manajer PLN Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi di Kantor Pusat Administrasi kampus pada Kamis, (31/5/2018).

Loading...

Rektor Unsyiah mengatakan inovasi becak listrik ini merupakan kerjasama antar Unsyiah denga PLN Wilayah Aceh. Dimana PLN berperan sebagi pemberi bantuan dana sementara pengerjaan dilakukan oleh Tim Malem Diwa Unsyiah.

“Unsyiah berterima kasih atas kepercayaan PLN terkait kerjasama ini. Karena bagaimana pun juga kepercayaan inilah yang paling bernilai,” ujarnya.

Dosen Fakultas Teknik, Iskandar mengungkapkan, becak listrik ini dibuat Tim Malem Diwa Unsyiah yang terdiri dari mahasiswa, laboran serta para dosen. Untuk sekali pengecasan selama 4-5 jam, becak listrik ini mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 40 kilometer per jam, dan menempuh jarak sejauh 35 – 40 kilometer dengan beban. Sementara untuk dayanya menggunakan baterai 12 Volt sebanyak 5 unit. Adapun keunggulan mobil listrik ini adalah green energy, ergonomics design dan innovative design.

“Selanjutnya becak listrik ini akan diserahkan kepada persatuan becak mesin yang ada di Banda Aceh untuk disosialisasikan,” ujar Iskandar. Sebelumnya, Tim Malem Diwa Unsyiah sudah berhasil menciptakan beberapa produk inovasi baik mobil listrik Malem Diwa 0.1, maupun mobil tenaga surya. Semua inovasi ini juga telah berhasil meraih prestasi dari berbagai kompetisi baik dalam mapun luar negeri.

Sementara Jefri Rosiadi mengatakan rencana menciptakan becak mesin ini telah dilaksanakan oleh PLN dan Unsyiah selama tiga bulan, mulai dari desain hingga pembuatannya. “Ini merupakan launching type pertama, nanti akan ada type kedua. Yang saat itu akan lebih kita sempurnakan lagi,” ujarnya.

Jefri menilai, becak listrik yang diciptakan oleh Tim Malem Diwa Unsyiah ini sangat potensial untuk dipasarkan. Alasannya, selain ramah lingkungan karena tidak ada polusi sama sekali, becak listrik ini juga membutuhkan energi yang sangat efisien.

 
Penulis: Muklis
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook