GMNI Medan: Pemahaman Mengakar Atas Pancasila Modal Utama Perkuat NKRI

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Seluruh lapisan masyarakat Indonesia harus benar-benar memiliki pemahaman mengakar atas Pancasila sebagai dasar negara.

Loading...

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Medan Maman Silaban saat menggelar aksi damai memperingati hari lahir Pancasila, Jumat (1/6/2018) di Bundaran SIB, Kota Medan.

“Pancasila sebagai dasar negara tentulah haruslah benar-benar mengakar di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Pemahaman tentang Pancasila ini tentulah harus dimulai sejak dini, agar sejak kecil generasi muda bangsa sudah memiliki pemahaman yang mendasar tentang ideologi Pancasila serta kecintaan akan tanah air,” katanya.

Maman optimis, jika Pancasila sebagai dasar negara telah dipahami dengan baik, seluruh perbedaan yang ada di Indonesia dapat menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Apabila hal ini telah terlaksana tentulah perbedaan SARA yang terjadi di Indonesia justru memperindah kehidupan masyarakat, dan menekan munculnya kalangan kalangan ekstrimis yang justru memiliki keinginan merubah dasar negara,” jelasnya.

Selain itu, DPC GMNI Kota Medan dalam aksi damai tersebut juga mengeluarkan beberapa tuntutan terbuka yang dirangkum dalam tema ”73 Tahun Sudah! Negara Harus Mampu Mengawal Dan Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara”. Tuntutan tersebut antara lain:

1. Mendesak pemerintah merealisasikan tugas BPIP
2. Memuat pendidikan ideologi Pancasila kedalam kurikulum sejak Pendidikan sekolah dasar (SD)
3. Menjaga persatuan dab kesatuan dalam toleransi umat beragama
4. Mendesak pemerintah untuk tegas terhadap organisasi-organisasi yang kontra Pancasila maupun berlindung dibaliknya
5. Mendesak pemerintah agar mengimplementasikan pansaila keadalam kebijakannya.
6. Menindak tegas tindakan radikal anti Pancasila

Penulis: Asmojoyo
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook