Ini Akibatnya Konsumsi Air Dingin Saat Baru Berbuka Puasa

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Bagi sebagian orang, berbuka puasa dengan minum air dingin atau es menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Namun tahu kah anda bahwa minum air dingin saat baru berbuka puasa tidak baik untuk tubuh.

Loading...

Menurut praktisi gizi klinis dan olahraga, Rita Ramayulis, yang diterbitkan Kompas, mengatakan bahwa berbuka dengan minuman yang terlalu dingin akan membuat kerja lambung lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh.

“Perut juga akan terasa kembung jika berbuka puasa langsung dengan minuman dingin,” ujarnya

Untuk itu Rita menganjurkan sebaiknya saat baru berbuka puasa kita memilih minuman yang tidak dingin. Alangkah lebih baik jika memilih air hangat.

Hal senada disampaikan Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam M.Kes., untuk buka puasa lebih baik memilih minuman yang manis dan hangat supaya tidak membuat lambung terkejut setelah kosong seharian penuh.

“Anda juga bisa berbuka puasa dengan dahulukan minum air putih yang tidak dingin atau air dengan suhu ruang,” jelasnya.

Ia juga mengatakakan bahwa mengonsumsi minuman manis juga perlu dibatasi alias tidak boleh terlalu berlebihan.

“Hati-hati, minuman manis juga tidak boleh berlebihan, harus sesuai dengan porsinya. Satu gelas teh manis saja sudah cukup membantu menaikkan gula darah dan membuat tubuh anda kembali berenergi,” tutur Nursyam.

Selain memilih minuman buka puasa yang manis dan hangat, kita juga bisa makan buah-buahan yang manisnya alami. Buah memiliki kandungan air yang tinggi, serta dapat juga menaikkan gula darah yang turun selama puasa.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa manfaat minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah serta melindungi organ-organ internal dari kerusakan.

“Minum air hangat saat berbuka akan lebih cepat mengembalikan suhu tubuh, sehingga lambung Anda dapat menyesuaikan dengan baik setelah lama tidak makan dan minum,” tandasnya.

Penulis: Alvian
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook