Preview Laga Mesir-Uruguay

Menanti Aksi Salah dari Bangku Cadangan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Uruguay memang menjadi tim yang paling difavoritkan di Grup A untuk bisa lolos fase grup. Namun Mesir, lawannya di Stadion Ekaterinburg, Jumat (15/6) pada laga yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata.

Loading...

Bagi Pharaoh(Firaun)-julukan timnas Mesir-hal yang paling menjadi perhatian yakni performa Mohamed Salah, bintang Liverpool yang sebelumnya didera cedera bahu saat laga Final Liga Champions Eropa menghadapi Real Madrid. Belum dipastikan apakah Salah akan turun sejak menit pertama laga.

Tetapi jika tampil, laga ini merupakan adu tajam dua pemain yang besar di Liverpool, Salah dan Luis Suarez yang kini membela Barcelona, serta bintang PSG, Edinson Cavani. Besar kemungkinan Salah akan jadi pemain pengganti.

Pada perkembangan lain, Uruguay sebagai juara piala dunia dua kali akan menjalani penampilan ketiganya berturut-turut. Pada tahun 2010 lalu, mereka tampil impresif dengan meraih peringkat keempat. Pertama kali mereka mencapai babak perempat final sejak 1970.

Piala Dunia 2014, Uruguay tampil digdaya di fase grup dengan mengalahkan Inggris dan Italia, kendati harus tersingkir di babak berikutnya setelah kalah 0-2 dari Kolombia.

Mesir cukup pede paling tidak untuk mengimbangi Uruguay. “Saya hampir bisa meyakinkan anda 100% dia (Salah) akan bermain, menyelamatkan keadaan tak terduga pada menit-menit terakhir,” kata Pelatih Mesir, Hector Cuper dikutip dari BBC. “Dia bisa menjadi pencetak gol teratas di tim ini dan dia merupakan salah satu pemain terbesar. Salah melakukan dengan sangat baik dan telah pulih sangat cepat,” kata Hector.

Sementara selain dua striker haus gol yang dimiliki, Uruguay merupakan tim dengan penampilan solid. “Kami memiliki harapan tinggi di Piala Dunia 2018 dan sudah tidak sabar memulai pertandingan. Saya tahu perjuangan bakal berat, tetapi kami memiliki senjata ampuh berupa tim yang solid. Saya pikir kami berada di jalur yang benar.” ujar Christian Stuani, penyerang Uruguay.

Perkiraan formasi dan plus-minus Mesir dan Uruguay.

Mesir (4-2-3-1): El Hadary, Abdel-Shafi, Gabr, Hegazy, Ahmed Fathi, Hamed, Elneny, Sobhi, Said, Warda, Mohsen
Pelatih: Hector Cuper

Kekuatan: Jika Salah on fire Mesir bisa menjadi momok menakutkan Uruguay. Mesir juga punya pertahanan yang solid.
Kelemahan: Ketergantungan kepada Mohamed Salah bisa menjadi bumerang jika nantinya Salah dikawal ketat.

Uruguay (4-3-1-2): Muslera, Caceres, Gimenez, Godin, Pereira, Bentancur, Torreira, Rodriguez, Arrascaeta, Suarez, Cavani
Pelatih Oscar Tabarez

Kekuatan: Uruguay punya lini depan yang dahsyat. Keberadaan Luis Suarez dan Cavani menjadi jaminan.
Kelemahan: Pertahanan Uruguay tidak terlalu baik meski mencatat 3 cleansheet dalam enam laga terakhir.

Head to head
16 Agu ’06 Mesir v Uruguay 0–2

Fakta tentang laga kedua tim

1. Dalam delapan kali pertandingan di Piala Dunia Uruguay baru sekali kalah. Mereka meraih empat kemenangan dan tiga kali imbang.
2. Ini merupakan Piala Dunia ketiga bagi Mesir. Sebelumnya mereka debut 1934 dan 1990.
3. Mesir belum pernah mencatatkan kemenangan saat bermain di putaran final Piala Dunia (2 kali imbang dan 2 kali kalah).
4. Kiper Mesir Essam El Hadary menjadi pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia jika nanti diturunkan saat melawan Uruguay (45 tahun 15 hari).
5. Pertandingan Mesir vs Uruguay bertepatan dengan ulang tahun Salah ke 26. Salah lahir, 15 Juni 1992.(syukri amal)

Loading...

Komentar Facebook