Gema Takbir Festival Tabuh Bambu dan Bedug di Berastagi Semarak

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID-  Menyambut hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Dewan Kesenian Deliserdang menggelar Festival Tabuh Bambu dan Bedug di Kota Berastagi Kamis (14/6) malam. Kegiatan yang dipusatkan di Taman Mejuah-juah, Jalan Bukit Gundaling tersebut semakin menyemarakkan malam takbiran.

Loading...

Salah seorang remaja pria memainkan bedug dengan iringan musik tradisi karo, ratusan masyarakat pun tampak terhibur karena dalam festival ini mereka juga di hibur dengan tarian yang di mainkan sekelompok perempuan belia.

Ketua Dewan Kesenian Deliserdang H Munir Nasution, SH mengatakan, festival tabuh bambu bedug digelar untuk memuji Allah yang maha kuasa. Apa lagi malam itu, menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. “Ramadan telah berjalan selama 30 dan hari ini merupakan hari terakhir bagi umat muslim menjalankan bulan suci ramadhan, dan selanjutnya akan di sambut dengan hari raya Idul Fitri,” katanya kepada Publika.

Hiburan festival bernuansa religi tersebut juga menurutnya merupakan bentuk hiburan kepada masyarakat. “Festival ini dibuat dalam bentuk hiburan bernuansa religi yang di sebut tabuh bambu dan bedug yang tujuannya memotivasi remaja muslim agar mempererat tali silaturahmi dan agar menjauhi hal-hal yang bersifat negatif,” ucapnya.

Munir juga menambahkan, festival ini juga di hadiri masyarakat dari daerah Karo, Medan, Aceh, dan berbagai  daerah lainnya. ” Bahkan tadi ada rombongan turis juga dari mancanegara yang hadir dalam festival tabuh bedug ini,” tuturnya.

Rifai, salah satu pengunjung saat diwawancarai Publika menuturkan, dirinya bersama keluarga dari Kota Medan, ingin berwisata ke pasar buah berastagi sekaligus melihat festival tabuh bambu bedug.

“Kami dari Medan bang liburan kemari sembari melihat festival ini, biasanya setiap tahun selalu ada festival bedug dan pawai obor jadi kami kemari untuk melihatnya sekaligus mengisi waktu liburan juga,” pungkasnya.(kartik byma)

Seorang remaja menabuh bedug dalam perayaan malam takbiran di Kota Berastagi, Kamis (14/6) malam.(kartik byma)
Seorang remaja menabuh bedug dalam merayakan malam takbiran di Kota Berastagi, Kamis (14/6) malam.(kartik byma) 
Sejumlah remaja menabuh bambu dalam perayaan malam takbiran di Kota Berastagi, Kamis (14/6) malam.(kartik byma)

Seorang remaja menabuh bedug dalam merayakan malam takbiran di Kota Berastagi, Kamis (14/6) malam.(kartik byma)

Loading...

Komentar Facebook