VAR Buat Swedia Bungkam Korsel 1-0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID–  Kemenangan 1-0 Swedia atas Korea Selatan (Korsel) di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (28/6) malam membuatnya negara Skandinavia itu memuncaki grup F sementara.

Loading...

Kemenangan itu diperoleh setelah wasit asal El Salvador, Joel Aguilar yang tidak yakin terjadi kontak antara Kim Min-Woo dan Victor Claesson di kotak penalti Korea. Namun Video Assistant Referee (VAR) menegaskan pelanggaran. Swedia menang lewat sepakan 12 Andreas Granqvist, sang kapten, di menit ke-65.

Berikut fakta-fakta yang terjadi pada laga tersebut

1. Gol tersebut merupakan gol penalti pertama yang didapat Swedia sejak Piala Dunia 2002, ketika Henrik Larsson menunaikan tugasnya ke gawang Nigeria.

2. Kemenangan atas Korea ini tercatat sebagai kemenangan pertama Swedia dalam partai pembuka mereka di Piala Dunia sejak 1958. Terakhir mereka menang 3-0 atas Meksiko.

3. OptaJoe mencatat, dari tujuh laga pertama mereka di Piala Dunia sebelumnya, Swedia imbang tujuh kali dan kalah dua kali.

4. Kekalahan dari Swedia juga membuat Taeguk Warriors gagal mempertahankan performa impresif di laga pembuka Piala Dunia. Dalam empat gelaran Piala Dunia sebelumnya, Korea tak terkalahkan dengan catatan tiga menang dan satu imbang.

5. Ganjaran penalti wasit atas bantuan VAR merupakan yang kedua setelah laga Prancis kontra Australia.

6. Penalti di laga ini merupakan yang ketujuh sepanjang Piala Dunia 2018.

Sebelum laga, pelatih Korsel Tae Yong-shin menyebut laga tersebut harus dimenangkan, dan kekalahan memungkinkan pihaknya akan angkat koper lebih dini di ajang ini.(syukri amal)

Loading...

Komentar Facebook