Kumuh Tak Terawat, Istana Niat Lima Laras Di Batubara Dijadikan Tempat Bermain

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Istana Niat Lima Laras adalah salah satu cagar budaya, peninggalan kerajaan di kabupaten Batu Bara, Kecamatan Tanjung Tiram. Namun saat ini istana megah itu tampak tak terawat dan kumuh.

Loading...

Karena tak terawat, masyarakat pun akhirnya menjadikan lingkungan istana tersebut sebagai wahana bermain anak-anak selama liburan Idul Fitri 1439 H.

Foto: Istana Niat Lima Laras/Publika (Alvian)

Salah satu pengunjung yang bernama Alwi menyayangkan kondisi fisik istana yang kian lapuk dan tidak terawat. Hal itu menurutnya menyebabkan hilangnya nilai salah satu cagar budaya di Kabupaten Batubara itu.

“Memang dari dulu selama lebaran tempat ini dijadikan sebagai kunjungan untuk melihat istana dan berfoto, tapi tidak pernah dibuat sebagai tempat hiburan seperti ini,”jelasnya kepada Publika, Senin (18/6/2018).

Foto: Istana Niat Lima Laras/Publika (Alvian)

Ia juga menuturkan, seharusnya masyarakat juga turut menjaga dan merawatnya dari tangan-tangan nakal yang menjadikan Istana ini seperti tempat pembuangan sampah.

Pengunjung lainnya bernama M. Fauzar juga berpendapat sama. Ia mengungkapkan bahwa seharusnya pemerintah turut memperhatikan kondisi Istana Niat Lima laras agar mempunyai daya tarik untuk para pengunjung dari luar Kabupaten Batubara.

“Kalau ini diperhatikan mungkin Istana ini menjadi harga jual tempat wisata atau museum yang mempunyai nilai budaya yang kental,” tuturnya

Foto: Istana Niat Lima Laras/Publika (Alvian)

Selain itu, ia juga berharap Istana Niat Lima Laras bisa secepatnya diperhatikan agar bisa menjadi museum budaya Melayu seperti Istana Kerajaan Maimun yang sekarang terkenal di berbagai penjuru Indonesia.

“Saya prihatin bang melihat istana ini, harusnya ini direnovasi lagi. Dulu tidak seperti ini, sewaktu saya kecil dulu istana ini jauh lebih indah dan terawat ketimbang sekarang,” cetusnya.

Penulis: Alvian
Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook