Melalui DPRD Sumut, Parpol Pendukung Eramas akan Panggil KPU Sumut

Puluhan Laporan Tim Eramas Belum Ditindaklanjuti

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Sejumlah partai politik (Parpol) pendukung pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut nomor urut 1 (satu) Edy Rahmayadi-Musa Rajek Shah akan memanggil KPU Sumut terkait banyaknya laporan tim kampanye Eramas terkait dugaan kecurangan penyelenggaran pilkada Sumut yang belum ditindaklanjuti.

Loading...
Sekretaris DPW PKS Sumut, Abdul Rahim Siregar.(kartik byma)

Sekretaris DPW PKS Sumut, Abdul Rahim Siregar menyebut, puluhan laporan yang disampaikan tim pemenangan Eramas termasuk PKS hingga saat ini belum ditindaklanjuti.

“Beberapa indikasi kuat yang kita lihat dari awal termasuk sebenarnya kita tidak perlu buat laporan kalau Bawaslu dan KPU menjalankan tugas dan fungsinya. Banyak laporan kami sampaikan tapi setengah hati mereka melaksanakan,” ujarnya di posko pemenangan Eramas, Jalan A Rivai Medan, Rabu (20/6).

Padahal kata dia, seharusnya KPU bersikap netral karena digaji dengan uang rakyat. “Kita berpikir KPU dan Bawaslu ini bekerja untuk siapa, untuk demokrasi yang lebih baik atau untuk kepentingan lain? Kalau KPU tidak siap hari H dan usai pelaksanan (Pilgubsu)/ lebih baik mundur saja,” katanya lagi.

Dia mengkhawatirkan, jika KPU mempertontonkan ketidakadilan kepada paslon yang satu, menekan satu paslon untuk memberikan pintu kepada paslon lain akan menjadi preseden buruk untuk demokrasi di Sumut. “Kita mengingatkan saja KPU dan Bawaslu menjalankan fungsinya. Kita (rakyat) yang biayai mereka jadi orang terhormat,” ucapnya.

Sebagai langkah lebih lanjut kata dia, anggota Komisi A DPRD Sumut dari partai pengusung Eramas segera memanggil KPU dan Bawaslu Sumut. “Komisi A bila perlu memanggil Bawaslu memanggil dalam waktu singkat ini, bisa diselesaikan mereka yang setengah hati melaksanakan tugasnya,” ucapnya.

Sekretaris DPD Partai Hanura Sumut, Edison Sianturi.(kartik byma)

Sekretaris DPD Partai Hanura Sumut, Edison Sianturi mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan kader partai di Komisi A DPRD Sumut untuk mempertanyakan perkembangan laporan pihak Eramas kepada KPU.

“Meminta kepada perwakilan kami di Komisi A DPRD provinsi Sumut untuk melakukan fungsi kontrol mereka, mungkin dengan partai yang lain juga, mengawasi, kepada KPU, panwaslu, maupun pihak kepolisian,” ucapnya.

Pasalnya kata Edison, puluhan laporan sudah dilayangkan kepada KPU maupun Bawaslu namun terkesan diabaikan. Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut, Irham Buana Nasution dan Sekretaris DPW PAN Sumut, Hendra Cipta, sepakat dengan langkah parpol lain untuk berkoordinasi dengan kader parpol di Komisi A DPRD Sumut memanggil KPU Sumut. “Kami sepakat dengan langkah tersebut. Untuk jadwalnya mungkin Komisi A yang menentukan,” ucap Hendra diamini Irham.(syukri amal)

Loading...

Komentar Facebook