Kroasia-Inggris, Siapa Ukir Sejarah?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID– Apakah Inggris, atau Kroasia yang akan bersua dengan pemenang semi final I Piala Dunia 2018, Perancis? Jawabannya akan tersaji di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7) dini hari nanti.

Loading...

Pemenang laga semi final akan mencatatkan sejarah baru bagi sepakbola negaranya. Jika menang, Kroasia akan mencatatkan rekor pertama kali mencapai final setelah di semi final 1998 kalah 1-2 saat menghadapi Perancis.

Untuk Inggris, semifinal Piala Dunia 2018 adalah keberhasilan ketiga. Setelah menjuarai Piala Dunia 1966, Inggris kalah dari Jerman Barat pada Piala Dunia 1990. Inggris akan mencatatkan sejarah baru jika menang kontra Kroasia.

Pertarungan hidup-mati kali ini akan mempertemukan tim dengan talenta muda, Inggris, kontra barisan pemain berpengalaman, Kroasia. Inggris, 18 dari 23 pemainnya merupakan tim dengan materi pemain termuda ketiga, yang pertama kali mencicipi panggung sepakbola paling megah di dunia. Sedangkan 13 pemain Kroasia merupakan bagian dari tim yang gagal dalam fase grup Piala Dunia 2014.

Three Lions, berhasil melaju ke semifinal final setelah memenangkan tiga dari lima pertandingan, sekali kalah 0-1 menghadapi Belgia. Sementara Vatreni-julukan Kroasia-dari lima kemenangan, dua di antaranya diperoleh lewat adu penalti.

Di saat tim asuhan Gareth Southgate cukup rileks jelang laga, kondisi berbeda dihadapi tim besutan Zlatko Dalic yang cukup kelelahan menghadapi Rusia di babak perempat final setelah harus menjalani babak waktu tambahan dan adu penalti.

Kiper Danijel Subasic sang penyelamat juga diprediksi  tidak akan tampil semaksimal saat menghadapi tuan rumah, Rusia, lantaran mengalami cedera ringan. Namun tidak ada kata menyerah bagi Kroasia.

“Inggris telah memainkan sepak bola yang sangat baik di Piala Dunia ini. Mereka memiliki banyak pemain muda yang hebat. Tetapi kami sadar bahwa kami kuat dan kami tidak takut pada siapa pun,” ujar Zlatko Dalic.

Sementara, kerja keras seluruh pemain yang ada membuat Gareth Southgate optimistis akan kemampuan timnya mencapai  final. “Kami adalah tim yang masih berkembang. Kami tahu di mana kami berada. Kami berhasil karena semua orang bekerja sangat keras, semua orang bekerja keras di lapangan,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Inggris dan Kroasia baru kali ini bersua di Piala Dunia. Inggris menang empat laga dari tujuh pertemuan keduanya, termasuk kemenangan 4-2 saat Piala Eropa 2004 silam.(syukri amal)

Loading...

Komentar Facebook