Suharto AD Menunggu Hasil Kursus Lisensi A AFC

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID-Usai mengikuti kursus kepelatihan Lisensi A AFC di Yogyakarta, Asisten Pelatih PSMS Medan, Suharto AD, kini tengah menanti pembuktian atau pengesahan dari kapabilitas pofesi yang sudah dijalaninya belasan tahun itu. Sertifikat yang juga sebagai syarat untuk melatih klub-klub seperti di Liga 1.

Loading...

Saat berbincang di depan Hotel Brava Suites, Surabaya, Selasa (17/7) pagi, Suharto mengatakan, kursus kepelatihan yang berakhir Jumat (13/7), hasilnya akan diketahui sekitar dua bulan ke depan.

“Sekitar dua bulan hasil ujiannya. Nanti kalau lulus akan keluar sertifikat,” ujarnya.

Soal kemungkinan lulus atau tidak, dia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak penyelenggara. Namun saat ditanya apakah dia yakin akan lulus, pelatih yang pernah beberapa kali menangani tim berjuluk Ayam Kinantan itu optimistis pengalamannya selama ini bisa menghasilkan hal positif.

“Kalau waktu (ujian) praktik, insya Allah enggak ragu. Walau terus terang banyak juga yang gugup,” ucapnya saat berbincang, ditemani Pelatih Fisik PSMS, Nimrot Manalu.

Suharto yang telah cukup banyak makan asam-garam di dunia kepelatihan, mulai melengkapi sertifikasi kepelatihannya sejak 1995 dengan mengikuti berbagai tingkatan kursus seperti C nasional, B nasional, C AFC, B AFC serta kursus pendukung lainnya.

Mungkin banyak yang tidak tahu, ternyata di tahun 1995, Suharto merupakan pemain PSMS sekaligus asisten pelatih Sukirman Saswa, pelatih PSMS saat itu.

“Tahun 1995 saya jadi asisten pelatih sekaligus pemain PSMS. Lalu di tahun 1996, saya jadi pelatih PSMS untuk kompetisi saat itu, Liga Kansas,” bebernya.

Sementara saat menjadi pemain, mantan striker PSMS era perserikatan (1985 and hingga 1995) tersebut, Suharto AD pernah dipanggil memperkuat timnas bersama Pelatih Sriwijaya FC saat ini, Rahmad Darmawan. Namun lantaran dinas, personel TNI AD itu tidak bisa datang bergabung.

“Dipanggil timnas sama Rahmad Darmawan tahun 1990, tapi nggak datang,” ucap mantan pemain yang juga pernah membela PSAD.

Laporan Reporter Publika, Syukri Amal, langsung dari Surabaya

Loading...

Komentar Facebook