Pedagang Pernak-Pernik Marak Jelang 17 Agustus

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, pedagang pernak-pernik seperti bendera dan atribut lainnya mulai ramai menggelar dagangannya.

Loading...
Bendera dan atribut bernuansa 17 Agustusan berjejer di sepanjang jalan di ruas jalan tertentu di Kota Medan.(Alvian Khomeini)

Dari pantauan Publika, salah satu sudut yang dimanfaatkan para pedagang pernak-pernik 17 Agustus adalah di depan Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan. Ibu Rina, salah satu pedagang yang sudah enam tahun berjualan pernak-pernik ini mengatakan, sejak 28 Juli para pedagang mulai ramai menggelar dagangannya. Hampir setiap tahun ia bersama pedagang yang lain memanfaatkan momen 17 Agustus ini untuk berjualan.

Selain meraup untung, Rina juga beralasan hal ini dilakukannya untuk beraktifitas di waktu luang, “tidak ada pilihan lain menyambut momen tujuh belasan ini daripada hanya sekedar berdiam diri di rumah tanpa ada uang masuk”, ujar wanita paruh baya warga Tembung ini (4/8).

Rina juga menjelaskan, harga, ukuran dan motif pernak-pernik yang dijual bervariasi. Untuk umbul-umbul para pedagang mematok harga dikisaran Rp20.000, bendera ukuran kecil untuk kendaraan bermotor sekitar Rp7.000, sedangkan untuk bendera yang dipasang di rumah ia memasang harga Rp20.000.

Bendera merah-putih berbagai bentuk dan ukuran menjadi pilihan masyarakat yang akan merayakan 17 Agustus.(Alvian Khomeini)

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, Rina mengatakan, para pembeli mulai ramai pada minggu pertama Agustus, “hari ini masih sepi, tetapi Insya Allah di minggu pertama Agustus ini juga akan ramai pembeli,” pungkasnya.

Penulis : Alvian Khomeini
Editor : Rahmat Syahputra

Loading...

Komentar Facebook