Jutaan Ikan di Danau Toba Mati, Penyebab Belum Diketahui

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID– Jutaan ikan di keramba milik warga mendadak mati di Perairan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) sejak Rabu (22/8). Belum diketahui penyebab kematian ikan tersebut.

Loading...

“Ada puluhan petani di sana. Saya punya 6 lobang (keramba). Tapi ada juga yang punya 150 lobang. Mati semua,” kata petani keramba, Roy Malau, 34, kepada wartawan, Kamis (23/8).

Informasi yang dihimpun, ikan yang mati yakni berjenis ikan mas dan ikan nila. Ikan mati berasal di ratusan keramba yang dikelola petani di Kecamatan Pangururan, Samosir.

Menurut Roy, ikan yang semula ada di keramba itu sudah mulai lemas pada Senin (20/8). Keesokan harinya, petani setempat mencoba untuk memberikan oksigen. “Tapi, Rabu pagi ikan-ikan itu mati,” ucapnya.

Roy mengungkapkan, enam keramba berisi ikan miliknya ludes mati. Yang tersisa hanya bibit yang masih kecil. Umumnya, kata dia, ikan yang mati itu siap dipanen dan ukurannya bervariasi.

“Bupati dan petugas dari instansi terkait sudah datang, tapi kami belum tahu penyebab matinya ikan ini,” ujarnya.

Alat berat sudah didatangkan untuk membantu penguburan ikan di lahan kosong punya warga. Ikan itu sebelum dikuburkan dibawa dari keramba ke tepi danau dengan menggunakan perahu nelayan.

“Kami berharap ada solusi dari kejadian ini. Karena kami menggantungkan uang sekolah anak kami dari penghasilan keramba ini,” pungkas Roy.

Reporter: Jef Tama
Editor: Rahmat Syahputra

Loading...

Komentar Facebook