Fakhri Husaini: Timnas U-16 Punya Modal Bagus di Piala AFC

TC di Medan Usai, Timnas U-16 Bertolak Ke Malaysia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini mengatakan, skuad besutannya punya modal bagus jelang Piala AFC (Asian Football Federation) atau Piala Asia U-16, kendati 15 tim lain yang dihadapi merupakan tim-tim kuat.

Loading...

Optimisme itu disampaikan Fakhri jelang keberangkatan timnas U-16 ke Kuala Lumpur Malaysia, Rabu (29/8) siang. Fakhri yang ditemui di Hotel Santika Dyandra Medan, tempat timnas U-16 menginap mengatakan, timnya lolos ke turnamen yang digelar mulai 16 September hingga 29 September 2018 tersebut dengan rekor sempurna.

“Piala AFC 2018 ini diikuti tim-tim terbaik kecuali Malaysia yang tidak ikut kualifikasi karena tuan rumah. Tapi 15 tim yang lolos ke sana adalah tim yang saya yakin mereka bukan tim sembarangan. Karena mereka tentu bisa tampil di Kuala Lumpur ini karena berhasil di kualifikasinya.

Kami punya modal yang bagus karena pada saat kualifikasi meraih nilai sempurna di Bangkok pada saat kualifikasi tahun 2017 kemarin. Ini modal yang sangat kuat bagi timnas U-16 untuk tampil di AFC Cup,” ujar Fakhri.

Selain itu, pada awal pemusatan latihan atau TC (training camp) di Kota Medan, 24 Agustus lalu, kondisi fisik pemain juga disebutkan cukup baik. “Bahwa setelah Idul Adha melanjutkan pemusatan latihan di sini (Medan) kami sudah melakukan dari tanggal 24 (Agustus) sampai tanggal 28. Apa yang dilakukan selama di sini cukup baik termasuk juga ketika latihan pertama itu kami bisa memonitor kondisi fisik pemain juga masih sangat terjaga. Ini tentu menggembirakan buat kami karena kami bisa mulai latihan itu di level yang lebih tinggi dengan volume dan intensitas yang lebih tinggi,” ucap mantan pilar timnas Indonesia senior tersebut.

Di Malaysia, periodesasi latihan inti tersebut akan terus dilakukan jelang perhelatan AFC Cup U-16. Termasuk menggelar tiga kali uji coba. “Tentu di Malaysia nanti kami akan melanjutkan lagi latihan ini, dengan tiga kali ujicoba, dua dengan klub lokal Malaysia (31 Agustus dan 4 September) dan Oman U-16, 12 September,” bebernya.

Pria berdarah Aceh tersebut mengatakan, ada sejumlah aspek yang akan dipantau terhadap David Maulana cs lewat ujicoba tersebut. “Semua aspek menjadi evaluasi kami. Taktik, teknik dan mental permain,” katanya lagi.

Sedangkan untuk empat pemain yang baru bergabung dengan timnas yang namanya masih dirahasiakan, diharapkan Fakhri bisa cepat beradaptasi di sisa empat pekan jelang kick-off kompetisi. “Ada empat minggu saya harap mereka cepat beradaptasi. Kalau enggak bagus tidak saya masukkan mereka,” pungkasnya.

Terpisah, Striker timnas U-16, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri menegaskan, timnya berangkat dengan target menjadi juara Piala AFC U-16. Itu pula yang membuatnya tidak memiliki target pribadi terkait jumlah gol yang ingin dilesakkan.

“Target kami juara Piala Asia, Insya Allah seluruh rakyat Indonesia dan sekitarnya mohon doa dan dukungannya biar kita bisa maksimal di Piala Asia. Jujur tidak ada target sama sekali buat mencetak gol, saya hanya ingin menampilkan permainan terbaik saya,” ujarnya.(Syukri Amal)

Loading...

Komentar Facebook