Wow, PDAM Tirtanadi akan Kelola Limbah Tinja Masyarakat Medan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendukung tawaran PDAM Tirtanadi untuk mengelola limbah tinja masyarakat. Melalui kerja sama ini, nantinya seluruh limbah tinja masyarakat yang disedot mobil tangki untuk dikelola di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Cemara Jalan Perkebunan, Kelurahan Pulo Brayan, Kecamatan Medan Timur.

Loading...

“Dengan demikian lingkungan akan menjadi lebih bersih lagi,” kata Eldin dalam keterangannya, Kamis (30/8).

Dia berharap, kerjasama tersebut dapat dilakukan secepatnya sehingga IPLT dapat dimaksimalkan. Selain itu, Eldin meminta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan agar mengarahkan pembuangan seluruh limbah tinja yang disedot mobil tangki dari septic tank masyarakat bisa dibuang ke IPLT.

“Saya rasa Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan sudah dapat membuang seluruh limbah tinja yang disedot mobil tangki miliknya dari septic tank masyarakat ke IPLT. Kita tidak mau limbah tinja dibuang di sembarang tempat, sebab tindakan tersebut jelas dapat mencemari lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo mengatakan, kerjasama yang ditawarkan dalam rangka memaksimalkan IPLT Cemara. Dia menjelaskan, pengelolaan limbah tinja masyarakat yang dikelola melalui IPLT tentunya akan membuat lingkungan semakin bersih.

“Kita tidak mau limbah tinja masyarakat yang telah disedot dibuang di sembarang tempat, terutama sungai. Yang pasti setelah limbah tinja masyarakat diangkut, jangan dikembalikan lagi ke lingkungan. Di IPLT, limbah tinja yang dikelola diharapkan dapat memberikan manfaat, salah satunya diolah menjadi briket (bahan bakar),” paparnya.

Reporter: Jef Tama
Editor: Rahmat Syahputra

Loading...

Komentar Facebook