Pelaku Video Viral Oknum Polisi “Asyik Nyabu” Menyerahkan Diri

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID– Aiptu PE Tarigan, terduga pelaku video oknum polisi berpakaian dinas sedang mengisap narkotika jenis sabu yang viral di media sosial, akhirnya menyerahkan diri ke Polrestabes Medan.

Loading...

Pria yang sebelumnya menjabat Kepala Tim Tugas Luar (TL) di Polsek Medan Area tersebut kini harus meringkuk di sel Polrestabes Medan.

“Bukan ditangkap, Aiptu PE Tarigan menyerahkan diri ke Polrestabes Medan terkait videonya yang sedang nyabu beberapa waktu lalu, di kawasan Jalan Denai, Gang Mesjid, Kelurahan Tegal Sari 1, Kecamatan Medan Denai,” kata kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu  P. Hutagaol, Rabu (5/9).

P. Hutagaol mengatakan, PE Tarigan memang sedang menjadi pantauan pihak kepolisian lantaran ulahnya yang diduga kuat kerap menggunakan narkoba.

Sementara, Kasi Propam Polrestabes Medan, Kompol M. Arifin, SH saat dikonfirmasi membenarkan Aiptu PE Tarigan menyerahkan diri terkait aksinya diduga sedang mengisap sabu di salah satu rumah warga yang viral di media sosial.

“Dia menyerahkan diri, udah dites urine dan hasilnya positif. Saat ini kita masih dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut,” ucapnya.

Ditanya soal sanksi dan proses hukum terhadap Aiptu PE Tarigan, Kompol M. Arifin mengaku bahwa tersangka bisa terancam pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) dari institusi Polri karena dianggap telah merusak citra Polri.

“Akan kita lakukan sidang kode etik dulu. Terancam dipecat bisa saja, tapi kita masih proses dan itu tergantung di persidangan juga nantinya,” sebutnya.

Dari hasil penyelidikan dan interogasi pihak Propam, sambung mantan Kapolsek Medan Area ini, bahwa Aiptu Tarigan tak tahu kalau salah seorang temannya menyabu memvideokan aksinya.

“Dia ngaku sudah menggunakan narkoba sekitar 3 tahun. Dia gak sadar (tak mengetahui) saat divideokan. Saat saya menjabat di situ (Reskrim Polsek Medan Area) saya sudah geser dia gak di Reskrim lagi, namun setelah saya diganti, dia (Aiptu Tarigan) balik lagi ke reskrim,” ungkapnya.

Atas aksinya, tegas Kompol Arifin, Aiptu Tarigan terancam pidana dan terancam dipecat karena telah melanggar pasal 7 ayat 1 huruf b Perkab no.14 tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri dan atau pasal 14 ayat 1 huruf b no.1 tahun 203.

Selain itu, Kompol M. Arifin juga menjelaskan, terkait kasus tersebut, Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan juga meringkus pelaku yang memvideokan Aiptu PE Tarigan yang diduga teman nyabunya.

“Kawan yang memvideokan itu juga sudah ditangkap oleh Satu Res Narkoba sejak video Aiptu Tarigan viral,” pungkasnya.

Reporter: Kartik Byma
Editor: Syukri Amal

Loading...

Komentar Facebook