Ini Upaya Pemko Medan Minimalisir Kemungkinan Banjir Susulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Banjir yang terjadi di sejumlah kawasan di Kota Medan, Minggu (16/9) lalu bisa saja akan kembali terulang mengingat intensitas hujan yang masih cukup tinggi.

Loading...

Untuk itu, Pemko Medan berkoordinasi dengan sejumlah pihak dengan harapan bisa meminimalisir dampaknya. “Saya sudah mengkoordinasikan bersama gubernur Gubernur Sumut Edy Rahmayadi), agar Balai Sungai (Balai Wilayah Sungai Sumatera II) bisa mengkoordinasikan bagaimana penanganan aliran-aliran sungai,” ujarnya di Medan, Senin (17/9).

Selain itu kata Eldin, pihaknya terus membenahi drainase yang ada di Kota Medan. Dia mengatakan, banjir yang melanda sebagian wilayah di Medan terjadi lantaran intensitas hujan  yang tinggi, termasuk di wilayah pegunungan yang dekat dengan Medan. “Tentunya akan terus, tidak henti-hentinya  membenahi drainase kita yang ada di Kota Medan. Sudah berjalan baik, cuma karena kemarin hujan gunung yang intensitasnya tinggi. Air dari sana mengalir ke sungai dan meluap,” ucapnya.

Soal penyebab banjir yang juga disebut Balai Wilayah Sungai Sumatera II terjadi karena banyaknya warga yang tinggal di sempadan sungai, menurut Eldin hal itu bisa ditanggulangi bersama-sama. “Jangan alasan saja, kalau memang mau sama-sama kita bisa membantu penanganannya seperti yang kami lakukan di Jalan Tinta,” ucapnya.

Eldin juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai maupun parit. “Kami mengimbau masyarakat untuk tidak buang sampah di sungai ataupun parit. Kita sudah menerapkan aturan keras sekali, tapi masyarakat beda pendapat menanggapinya. Untuk itu, kita harus bisa mengambil hati bahwa apa yang dilakukan, buang sampah sembarangan ini salah dan berdampak pada masyarakat itu sendiri.

Apa lagi pengorekan kemarin sampah jenis tilam, segala macam dibuang di parit sudah tidak benar lagi,” pungkas Eldin.(Syukri Amal)

Loading...

Komentar Facebook