Ketua SIWO PWI Pusat Berbagi Pengalaman dengan Jurnalis Olahraga Medan

40 Jurnalis Ikuti Pelatihan KONI Medan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Pelatihan Manajemen Informasi Keolahragaan KONI Medan  2018 di Hotel Grand Kanaya, Sabtu (22/9) pagi kedatangan tamu istimewa khususnya bagi kalangan jurnalis olahraga di Kota Medan.

Loading...

Dia adalah Raja Parlindungan Pane, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Pusat. Pria yang juga sebelumnya menjabat sebagai Deputi I INASGOC Games Operations untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tersebut berbagi pengalaman sebagai jurnalis olahraga yang meliput berbagai pertandingan olahraga baik nasional maupun internasional, single-event serta multi-event tersebut.

Sejumlah event olahraga spektakuler dia liput seperti piala dunia, piala eropa, pertandingan tinju dunia, dan lain sebagainya.

Menurutnya, menjadi wartawan olahraga merupakan kebanggaan tersendiri lantaran punya spesialisasi khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. “Pernah saya punya pengalaman, kami diturunkan dalam satu tim meliput kegiatan olahraga. Ada wartawan yang cukup piawai dalam bidang liputan lain tapi tidak bisa membuat laporan soal pertandingan tenis meja,” ucapnya.

Raja yang juga Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI) juga menjelaskan, berbagai persiapan yang harus dilakukan oleh jurnalis olahraga sebelum melakukan peliputan yakni perencanaan, persiapan, pelaksanan dan evaluasi. “Untuk multi-event, yang perlu jadi prioritas adalah jika ada atlet dunia yang ikut bertanding, proximity (kedekatan) daerah, potensi emas, cabor favorit, kompetisi menarik dan siaran langsung,” ucapnya seraya menjelaskan masing-masing prioritas tersebut.

Sebelumnya, dalam laporannya jelang pembukaan, Ketua Pelaksana event tersebut  Armansyah Thahir mengatakan, 40 peserta yang merupakan jurnalis media cetak, elektronik dan online hadir dalam kegiatan yang  didukung KONI Medan tersebut. “Semoga dukungan yang diberikan bisa terus dipertahankan,” ujarnya.

Pasda sambutan jelang membuka resmi kegiatan tersebut, Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani, mengatakan, kegiatan tersebut sudah dilakukan selama tujuh tahun. “Secara berturut-turut setiap tahun, Ada 7 tahun berturut-turut, dengan berbagai modifikasi dan berbagai kegiatan,” ucapnya.

Eddy menyebutkan, kegiatan tersebut cukup strategis dan cukup bermanfaat dalam rangka membentuk pemberitaan olahraga yang sesuai sasaran baik informasi terhadap publik dan sebagai penyemangat pelaku olahraga untuk kemajuan olahraga,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan itu sebagai narasumber yakni karateka asal Sumut peraih Perunggu di Asian Games 2018, Jintar Simanjuntak dan Sakiruddin, Ketua Harian Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumut yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Provinsi Sumut. Hadir pula Ketua Siwon PWI Sumut, Sahat Hamonangan Panggabean.(Syukri Amal)

Loading...

Komentar Facebook