Pemkot Medan Bantu Tingkatkan Kemampuan SDM Pekerja Usaha Pariwisata

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Pemkot Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya membantu meningkatkan SDM seluruh pekerja usaha pariwisata yang ada di Kota Medan. 

Loading...

Selain menambah wawasan dan kemampuan sehingga siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar,  juga diharap dapat membantu untuk memajukan pariwisata. 

Salah satu bantuan yang dilakukan dengan menggelar  Bimbingan Teknis (Bimtek) Pekerja  Usaha Pariwisata di Hotel Daruda Plaza Medan, Rabu (26/9).

Kadis Pariwisata Agus Suriono yang membuka bimtek menilai, kegiatan ini  sangat penting  dalam upaya memajukan industri pariwisata di Kota Medan. 

Di samping itu juga agar pekerja usaha pariwisata yang ada siap bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Baca juga:  Update Terbaru Corona Sumut 23 Maret 2020

Kata dia, salah satu tantangan di era MEA adalah meningkatkan kemampuan SDM pekerja usaha pariwisata di Indonesia.

“Tanpa SDM yang mumpuni  dan kerja yang profesional, niscaya kita akan tertinggal dari  pekerja usaha pariwisata wilayah lain yang terus gencar mempromosikan wilayahnya masing-masing,” ucap Agus.

“Peningkatan wawasan, kemampuan dan keterampilan harus dilakukan  masing-masing pekerja usaha pariwisata agar mereka mampu bersaing dengan pekerja menyusul berlakunya MEA. Menyikapi itulah makanya kita menggelar Bimtek  Pekerja Usaha Pariwisata hari ini. Di samping itu melalui bimtek ini, kita juga berharap dapat mendukung kemajuan dunia pariwisata Kota Medan,” tambahnya.

Baca juga:  KPK Ingatkan Korupsi Dana Bencana Corona Bisa Dihukum Mati

Yang tidak kalah pentingnya lagi, lanjut Agus, bimtek  yang diisi dengan kelas teori dan praktik juga diharapkan dapat menjadi bekal bagi pekerja usaha pariwisata di Kota Medan sebelum menjalani uji kompetensi yang diisyaratkan oleh kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 

Sertifikasi, tegas Agus, ini merupakan bentuk pengakuan atas kompetensi pekerja usaha pariwisata.  “Jadi seluruh pekerja pariwisata wajib memiliki sertifikasi,” jelasnya. (Jef Tama)

Baca juga:  Mau Dapat 'Libur' Cicilan Kredit? Ini Tata Cara Mengajukannya
Loading...

Komentar Facebook