xxxhub
frustrated trophy mom mounts son. freeporn
tamil sex raylene fucked sana.

Percepatan Produksi Kopi Sebagai Potensi Unggulan Tabagsel

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Tapanuli bagian selatan adalah bentang alam yang memiliki kesuburan tanah luar biasa karena terdapat beberpa gunung berapi dan terdiri dari beberpa tipe ekosistem yakni teristerial pegunungan, dtaran rendah (low land) dan kawasan pesisir.Secara geografis akses ke ibukota Sumatera Utara, ibukota Sumatera barat dan Ibukota Riau relatif memiliki waktu tempuh yang sama antara 7-12 jam.

Loading...

Sumatra Rainforest Institute (SRI) sebuah lembaga lokal yang bergerak dibidang Pertanian, Kehutanan dan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK). SRI sudah tujuh tahun mengabdikan diri demi kemajuan Kabupaten Tapanuli dibagian selatan secara khusus di Tapanuli Selatan dan Mandailang Natal.

Lembaga bentukan Rasyid Assaf Dongoran MSi, tidak jemu-jemu memperjuangkan pembangunan pertanian dan kehutanan khususnya di wilayah Tabagsel tanpa menggunakan dana dari Pemerintah.

Bangkit dari rasa keprihatinannya di wilayah tersebut, Rasyid Assaf Dongoran ingin melanjutkan programnya secara menyeluruh dan masif, sehingga para petani di Tabagsel bisa semakin maju dan berkembang lebih cepat dengan konsep produk pertanian unggulan berbasis masyarakat.

Saat ini Rasyid yang juga Politisi Partai Golkar di Sumut, bercita-cita membawa impian percepatan pembangunan produk pertanian unggulan dan kehutanan ini, menuju Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Sumatera Utara (DPRD Sumut) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tabagsel dengan nomor urut 5.

Saat ditanya wartawan terkait tujuannya menuju gedung DPRD Sumut itu, Rasyid secara spontan menjawab bahwa dirinya bukan ujuk-ujuk mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Provinsi, tapi sudah merupakan panggilan hati nurani setelah bergulat melihat tantangan dan hambatan yang nyata di lapangan.

Bagi Rasyid yang telah memimpin tim kerjanya di SRI selama lebih tujuh tahun berkeliling dan bekerja untuk Petani dan Konservasi Hutan di Tapsel dan Mandailing Natal akan berkomitmen dan memiliki pengalaman fokus dibidang yang dia kuasai yakni sektor Pertanian dan Kehutanan.

“Terus terang saya bukan ujuk-ujuk menjadi caleg untuk mencari pekerjaan dan ketenaran semata, namun merupakan panggilan hati karena melihat masyarakat petani dan Kehutanan di daerah Tabagsel, sangat membutuhkan pembiayaan dan pengawasan sehingga dana-dana APBD Provinsi benar-benar terukur dampaknya bagi petani,”ungkap Rasyid Minggu, (14/10) di Panyabungan kepada wartawan.

Tambah Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumut itu, secara tegas ingin melaksanan tupoksi anggota dewan yakni Legislasi (Perda), Penganggaran, dan Pengawasan terkait program-program pertanian dan Kehutanan yang menggunakan dana APBD Provinsi untuk terimplentasi tepat program dan tepat sasaran serta terukur keberhasilannya.

Sehingga kata Rasyid, pada tahun 2019-2024 muncul secara nyata produk pertanian unggulan yang memberikan dampat positif terhadap perekonomian bagi petani kecil. Dan terpertahankannya kualitas lingkungan hidup (ekologis) dengan ukuran-ukuran yang jelas.

Lebih rinci politisi Golkar itu, mengatakan ada tiga komoditi penting yang perlu dilakukan percepatan yang berbasis Petani yakni Kopi Arabica dan Robusta untuk difokuskan kepada perluasan lahan-lahan skala besar yang berbasis konsep agroforestry .

Kata Caleg Golkar dari dapil tujuh itu, saat ini berdasarkan data BPS di Tapsel ada sepuluh kecamatan yang berpotensi sebagai basis produksi kopi arabica dengan estimasi luas lebih dari 5000 hektar dan kondisi lahan kopi saat ini seluas 2.940 hektar.

“Dimana konsentrasi lahan terbesar itu berada di kecamatan Saipar Dolok Hole,Kecamatan Sipirok, Kecamatan Aek Bilah dan Kecamatan Arse, sementara itu komoditi kopi Robusta hanya 339 hektar berada di tujuh kecamatan dan terkonsentrasi dikecamatan yang sama,”papar Rasyid.

Untuk itu jelas Rasyid dengan program sasaran dan tepat penganggaran dan mekanisme pengawasannya lebih baik selama lima tahun ke depan maka Tapsel dapat memiliki 5000 hektar lebih lahan kopi produktif berbasis masyarakat melalui stimulasi dana APBD Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian katanya, Kabupaten Madina memiliki 13 kecamatan yang berpotensi sentra produksi kopi Arabica dan Kopi Robusta dimana konsentrasi pengembangan dengan total luas lahan 2562 hektar dengan potensi lahan lebih dari 5000 hektar yang berbasis petani, konsentrasi pengembangan lahan dapat diarahkan pada kecamatan ulu pungkut, Panyabungan Timur, Puncak Sorik Marapi, Pakantan, Lembah Sorik Marapi, batang Natal, Muara Sipongi untuk kopi arabica. Sementara untuk jenis Kopi Robusta dapat difokuskan di kecamatan Siabu, Naga Juang, Huta Bargot, dan Bukit Malintang

Tambahnya lagi untuk kabupaten Padang Lawas hanya dapat dikembangkan komoditi unggulan kopi Robusta yang terkonsentrasi di Kecamatan Sosa, Barumun, Sosopan, Barumun Tengah, dan Hutaraja Tinggi dengan total lahan potensi Robusta sebesar 2000 hektar dan kondisi eksisting lahan kopi 882 hektar dan kebanyakan tidak produktif.

Ditambah Rasyd lagi, Kabupaten Padang Lawas Utara juga hanya berpotensi untuk komoditi kopi Robusta yang terkonsentrasi pada kecamatan Padang Bolak, Batang Onang, Dolok Sigompulon, dan Halongonan dengan eksisting lahan 795 hektar termasuk lahan kopi yang tidak produktif. Namun berpontensi dikembangkan lahan produktif lebih dari 1500 hektar berbasis masyarakat.

Dari uraian tersebut potensi produksi unggulan Kopi se-Tabagsel maka Kopi adalah jalur masuk peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dimana kopi hanya membutuhkan dua tahun tanam dan dapat dipanen.

Diapun memberikan solusi bagi perluasan lahan kopi sehingga Tabagsel men jadi sentra produksi kopi unggulan dengan memanfaatnkan skema Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Desa (HD).

“Harapan kita kedepan perluasan lahan kopi, juga dibarengi dengan kualitas hasil panen biji kopi serta turut berkontribusi terhadap lingkungan hidup. Sehingga Tabagsel memiliki produksi unggulan. Ini bisa kita capai dalam 5 tahun jika adanya kerjasama baik antara legislatif dan eksekutif terutama mewujudkan misi Sumatera Utara bermartabat yang dicanangkan oleh pasangan Eramas,” jelas Wakil Ketua Golkar Sumut itu.

Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook

sex videos
sex videos amateur babe tugs and sucks cock outdoors.
phim sex hay