Pemilu 2019 Diperkirakan Ada 5 Juta Pemilih Pemula, Sebagian Besar Belum Punya e-KTP

Kemendagri Bikin Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Kementerian Dalam Negeri memperkirakan ada kurang lebih 5 juta pemilih pemula se-Indonesia. Mereka, kebanyakan belum memiliki e-KTP dan saat ini sedang disasar untuk melakukan perekaman.

Loading...

“Pemilih pemula di Indonesia ada kurang lebih 5 juta,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakhrulloh di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (23/10/2018).

Lewat gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan, kata Zudan adalah salah satu bentuk jemput bola Dirjen Dukcapil untuk memprioritaskan pemilih pemula melakukan perekaman sehingga memiliki e-KTP. Ini juga untuk mempersiapkan mereka menghadapi pemilihan Pemilu pada 17 April 2019.

Di Banten saja, gerakan sadar administrasi kependudukan bisa merekam kira-kira 5 ribu pemilih pemula. Padahal ini dilakukan hanya dalam waktu 2 hari.

Di samping melakukan kegiatan sadar administrasi, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemda dan sekolah utuk menjaring pemilih. Sehingga, masalah kepemilikan e-KTP menurutnya bisa segera tuntas.

“Ini ada sinergi antara Dinas Pendidikan, Pemda, Dukcapil. Kita bekerja untuk menyelesaikan (masalah) bangsa ini,” ujarnya.

Terakhir, Zudan mengatakan, perkiraan 5 juta pemilih pemula tersebut adalah mereka yang sudah ada di Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). (dtk/asp/rvk)

Loading...

Komentar Facebook