Pencarian Hari Kedua Lion Air JT610, Basarnas Kerahkan 50 Penyelam

Hari Pertama Ditemukan 24 Kantong Jenazah, 10 Berisi Korban dan 14 Puing Pesawat

PUBLIKA.CO.ID -Pencarian hari kedua korban pesawat Lion Air JT610 dilanjutkan hari ini, Selasa (30/10/2018).

Loading...

Polri mengerahkan tim untuk membantu proses evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Sebanyak 651 personel dikerahkan.

“Sampai dengan hari ini, kita ada 651 personel yang kita kerahkan, itu terdiri dari penyelam Ditpolair, Tim Polda Metro Jaya, tim evakuasi,” ujar Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto di RS Polri, Jakarta Timur, Selasa (30/10/2018).

Selain mengerahkan tim personel, Ari Dono juga mengatakan Polri telah menyiapkan 7 kapal dan juga 3 helikopter yang siap angkut. Dia juga mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh jajarannya untuk sigap membantu proses evakuasi.

“Sejak pukul 09.00 WIB mendengar hilang kontak pesawat, Bapak Kapolri langsung kerahkan kita, semua Polda di dekat penerbangan harus menyiapkan Tim SAR, mulai dari Jakarta, kemudian Jawa Barat di Karawang, Kalimantan, Banjarmasin, yang Kalimantan Tengah, Lampung, Palembang, semua Timsar stand by, setelah tahu titik jatuh Polda Jabar dengan Ditpolair langsung menuju TKP,” ujarnya.

Baca juga:  Orok Bayi Dibuang Di Selokan, Polisi Buru Pelaku

Hari ini Basarnas mengerahkan 50 personel untuk penyelaman yang berasal dari Basarnas, Kopaska TNI AL, dan pihak lainnya. Alat multibeam echosounder juga dipakai untuk memaksimalkan pencarian objek di bawah laut.

“Dari pagi tadi pukul 06.00 WIb, sudah dilaksanakan penyelaman kembali. Hari ini kami akan melaksanakan penyisiran kembali di atas permukaan air dan dilakukan penyelaman di bawah air, termasuk kami menggunakan alat yang namanya Multibeam Echosounder untuk melihat apakah ada objek di bawah karena kita berharap body pesawat atau main bodynya bisa terlihat,” ujar Kepala Basarnas, Marsekal Madya, Muhammad Syaugi di Dermaga JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/10/2018).

Baca juga:  Kepergok Curi Steling, Heri Babak Beluk Dihajar Warga

Pada pencarian hari pertama, 24 kantong jenazah berhasil dibawa dari proses pencarian jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat. Sebanyak 10 kantong jenazah dipastikan berisi korban, dan sisanya hanya serpihan pesawat.

“Sampai tadi malam kita sudah melaksanakan evakuasi khususnya ya korban-korban. Kita sudah kumpulkan ada 10 kantong jenazah yang ada 10. memang total kantong ada 24 tetapi yang 14 adalah serpihan-serpihan kecil, yang korban jenazah ada 10 kantong,” tambahnya.

Baca juga:  Wuih, 140 Liter Tuak Suling Nias Gagal Beredar

Namun, Syaugi tak menjelaskan apakah korban yang ditemukan dalam keadaan utuh atau tidak. Dia mengatakan semua kantong jenazah sudah diserahkan ke RS Polri.

“Kalau yang ada di atas permukaan sudah kita ambil semua. sudah kita collect semua ada disini dan 10 kantong itu sejak tadi malam sudah kita serahkan kepada Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk diidentifikasi,” ujar Syaugi.

Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) sekitar pukul 06.33 WIB. Pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka-Belitung dengan membawa 189 orang di dalamnya.(dtk)

Loading...

Komentar Facebook