Peran Politisi Sangat Besar Dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Secara umum mayoritas masyarakat hanya memahami bahwa subjek hukum terdiri dari dua hal, yaitu manusia dan badan hukum. Namun berdasarkan “kacamata” lingkungan, lingkungan hidup juga termasuk sebagai subjek hukum .

Loading...

Demikian disampaikan Kasi Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumut Tedi Supriatna saat menjadi pembicara dalam dialog publik yang digelar Patron Insititute dengan tema “Menegaskan Konsekuensi Hukum, Menuju Kampanye Politik Ramah Lingkungan” di D’jong Cafe, Jalan Williem Iskandar, Rabu (12/12).

“Lingkungan punya hak untuk mendapatkan pelesatrian dari kita, kewajiabnnya memberi lingkungan yang sehat. Ini menjadi subjek hukum,” ujarnya.

Tedi menjelaskan, telah diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, hak lingkungan hidup dalam proses hukum diwakili atau diperjuangkan oleh organisasi berbasis lingkungan.

Begitu juga di momentum pesta politik, lingkungan hidup yang tersakiti oleh oknum-oknum politik dapat diperjuangkan haknya oleh organisasi lingkungan hidup.

“Organisasi lingkungan mewakili lingkungan hidup. Karena mereka tidak bisa bicara, betapa sedih pohon-pohon sekarang di momentum pesta politik. Bayangkan sakitnya pohon itu diikat dan dipaku, mereka juga merasakan sakit, tapi memang tidak bisa nangis,” ujarnya.

Oleh karena itu, Tedi berharap, baik partai politik maupun calon legislatif yang akan menjadi peserta Pemilu 2019 agar mulai menciptakan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Apalagi, setiap peraturan, mulai dari Undang-undang hingga peraturan daerah, wajib didasari dengan prinsip menjaga lingkungan hidup.

“Kita berharap orang-orang yang berhasil menjadi legislator nantinya adalah orang-orang yang paham dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. Masalah lingkungan hidup ini adalah masalah bersama, saya juga berharap dengan diadakannya acara ini kita melahirkan orang-orang yang peduli lingkungan,” tegasnya.

Editor: Asmojoyo

Loading...

Komentar Facebook